Studi Penelusuran Alumni S1 FIP Prodi PG Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang

Main Article Content

Abstract

Salah satu aspek untuk menentukan kualitas sebuah program studi atau insitusi pendidikan adalah dengan melihat kualitas alumni program studi (output). Profil lulusan ini setidaknya meliputi tiga hal yang diperlukan syarat akreditasi yaitu masa tunggu lulusan, persentase lulusan yang sudah bekerja, dan kompetensi lulusan Tujuan studi penelusuran (tracer study) Program Studi Pendidikan PG PAUD Universitas PGRI Semarang untuk untuk mengetahui output pendidikan yaitu penilaian terhadap penguasaan dan memperoleh kompetensi yang dimiliki alumni serta untuk mengetahui proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu alumni tahun 2013-2015. Sampel penelitian sebanyak 19 orang. Pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner, studi dokumentasi. Teknik analisis statistik deskriptif, yaitu disribusi frekuensi, tendensi sentral, dan pengukuran penyebaran data, dan interpretasi. Hasil penelitian, (a) Rata-rata lama masa tunggu kerja alumni 1 tahun, (b) sebesar 85% alumni bekerja sesuai pilihan studi, (c) tempat kerja alumni sebagian besar (90%) di lembaga pendidikan, (d) kebermanfaatan kinerja alumni, diaketahui 60% bermanfaat bagi instansi, 70% terampil manajerial, 60% terampil mengelola tugas, 75% terampil mengelola SDM, dan 65% terampil memotivasi. Saran; lakukan penelusuran secara periodeik menggunakan platform yang mudah diakses alumni.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Studi Penelusuran Alumni S1 FIP Prodi PG Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang . (2022). Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 31-41. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.73
Section
Articles

References

T. Suyati, A. Widiharto, D. Rakhmawati, and D. Maulia, “Studi Penelusuran Terhadap Alumni Jurusan PBB FIP IKIP PGRI Semarang (Dalam Rangka Pengembangan Kurikulum),” J. Penelit. Psikol. Pendidik. dan Bimbing., vol. 1, no. 1, 2011.

M. R. Asmawi, “Strategi Meningkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi,” J. Makara, Sos. Hum., vol. VOL. 9, NO, 2015.

dan M. N. Soemantri., Mukminan., Suparmini., “Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi Uny Tahun 2005 – 2009,” Yogyakarta UNY, 2010.

Anonim, “BUKU I NASKAH AKADEMIK. Akreditasi Institusi perguruan Tinggi (AIPT),” Badan Akreditasi Nas. Perguru. Tinggi (BAN PT), 2011.

Mahmud, “Metode Penelitian Pendidikan,” Bandung: Pustaka Setia, 2012.

M. T. Fakhrulisah S, “Studi Penelusuran (Tracer Study) Alumni Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Tahun Wisuda 2000-2004,” J. Bk Unesa, vol. 6, no. 1, 2016, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/13628.

N. Fajaryati, S. Pambudi, P. Priyanto, T. Sukardiyono, A. D. W. Utami, and B. Destiana, “Studi Penelusuran (Tracer Study) terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 44–45, Nov. 2015, doi: 10.21831/elinvo.v1i1.10878.

H. Harnita, “Studi Penelusuran Alumni Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alaudin Makasar Angkatan 2010 & 2011 dalam Dunia Kerja,” Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makasar, 2017.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.,” Bandung Alf., 2017.

T. Tajidan, S. Sutresna, H. Halil, and M. Syaputra, “Studi Pelacakan (Tracer Study) Alumni Dan Pengguna Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Mataram,” Pros. SAINTEK EISSN 2774-8057LPPM Univ. Mataram, vol. 3, 2021.

Rachmi Nurlaila, “Studi Penelusuran Alumni Program Studi Pkk S1 Konsentrasi Tata Boga Jurusan,” Skripsi, 2015.

T. A. Zaini, “Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren; Satu Analisis Filosofis,” El-Banat J. Pemikir. dan Pendidik. Islam 8.1, vol. 8, no. 1, pp. 1–21, 2018, doi: 10.54180/elbanat.2018.8.1.1-21.

Amrinda Gustiara, “Analisis Klasifikasi Waktu Tunggu Kerja Dengan Metode Support Vector Machine Dan Naïve Bayes Classification,” Yogyakarta Univ. Islam Indones. Yogyakarta, 2018.

M. Bakhtiar and S. Latif, “Tracer Study Alumni: Upaya Pengembangan Prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar,” J. Kaji. Bimbing. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 32–40, Mar. 2017, doi: 10.17977/um001v2i12017p032.

H. Safitri, D. Sukmayadi, H. Herawati, and I. Irwanof, “Laporan Penelitian Studi Penelusuran Alumni Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Fisika Universitas Terbuka,” Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidikan.Universitas Terbuka.Tangerang Selatan.

S. Sumiyati, “Membangun Mental Kewirausahaan melalui Edupreneurship bagi Pendidik PAUD,” Al-Hikmah Indones. J. Early Child. Islam. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 169–192, Dec. 2017, doi: 10.35896/ijecie.v1i2.12.

E. Solihati and Y. Rachmawati, “Menyongsong Puncak Demografi, Akankah Guru PAUD Hadiahi Indonesia Generasi Unggul?,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1221–1229, Nov. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.780.

R. Rasiman, S. Widodo, and R. D. Setyawati, “Penelusuran Alumni (Tracer Study) Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang Sebagai Upaya Kajian Relevan,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, 2014, doi: 10.26877/aks.v5i1/MARET.555.