Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Zahra Yuniar Panca Hidaya  -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Idah Faridah Laily  -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Inayatul Ummah*  -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian pre-experimental desain menggunakan One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena seluruh jumlah siswa kelas III dijadikan sampel. Berdasarkan pengolahan lembar observasi, diperoleh skor kategori baik atau sesuai dengan presentase yang didapatkan yaitu 90%. Guru menerapkan media pembelajaran buku cerita bergambar dengan baik di dalam kelas. Selain observasi, pengolahan angket secara keseluruhan diperoleh skor sebanyak 85% yang tergolong dalam kategori sangat kuat karena berada diantara 81%-100%. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa siswa merespon point angket sesuai dengan pilihan siswa. Pengaruh variabel bebas (media pembelajaran buku cerita bergambar) terhadap variabel terikat (minat baca siswa adalah 52,8% sedangkan sisanya 47,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap minat baca siswa kelas III di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon.

Abstract: This study uses a descriptive quantitative approach with a pre-experimental research design using a one-group pretest-posttest. Data collection techniques in this study used observation, questionnaires, and tests. The sample used was a saturated sample because the entire number of third-grade students was sampled. Based on the processing of the observation sheet, a good category score was obtained, or in accordance with the percentage obtained, namely 90%. The teacher applies the picture storybook learning media well in the classroom. In addition to observation, the overall questionnaire processing obtained a score of 85%, which is classified in the very strong category because it is between 81% and 100%. These results show that students respond to the questionnaire points according to their choice. The influence of the independent variable (pictorial storybook learning media) on the dependent variable (students' reading interest) is 52.8% while the remaining 47.2% is influenced by other factors. As a result, it can be concluded that picture storybook learning media has an impact on the reading interest of third-grade students at MI Nurur Rohmah Cirebon City.

Keywords: buku cerita bergambar, minat baca, media pembelajaran, picture storybook media, reading interest, learning media

  1. Apriani Safitri. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 3 Ranomeeto. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139
  2. Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Acarya Pustaka.
  3. Azizah dan Uswatun Hasanah. (2021). The Relathionship Between Reading Interest with Learning Ouycomes Elementary School Students. https://doi.org/10.22487/sochum.v2i1.15559
  4. Fitri Lakari, Feiby Ismail, Ilham Syah. (2021). Upaya Meningkaykan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i2.67
  5. Fitriani, A. (2019). Pengaruh media gambar terhadap minat baca anak usia dini di tk insan cemerlang manuruki makassar. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i2.67
  6. Fitriyani Hali. (2021). The Effect of Reading Interest on Learning Outcomes of the Mathe matics Education Profession During the Distance Learning Period. https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1637
  7. Fuad, Z. Al, Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625
  8. Hamid Abi Mustofa, Ramdhani Rahmi, Juliana Masrul,safitri Meilani (2020). Media Pembelajaran Yayasan Kita Menulis.
  9. Idah Faridah Laily (2015). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/MI. Jurnal Al-Ibtida. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.176
  10. Ilham Ariyes, Happy Fitria, Yenny Puspita. (2021). The Effect of Reading Interest and Motivation on Student Learning Outcomes at SDN 06 Kisam Tinggi, Kisam Tinggi District. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1779
  11. Juwairiah, J. (2021). Evaluasi Penggunaan Pendekatan Saintifik di dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 128-142. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.7717
  12. Kehnia, Y., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Media Buku Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas II Sd Negeri 101797 Deli Tua. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/85
  13. Lilis Sumaryani. (2020). Menumbuhkan Minat Baca Anak MI/ SD dengan Media Buku Bergambar Seri. http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699
  14. Luh, N., & Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. PT. Pendidikan Literatur
  15. Magdalena Elendiana. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Konseling, 166. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
  16. Mia Zultrianti Sari, Agus Gunawan, Yani Fitriyani, Nurul Hilaliyah. Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Ciporang. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
  17. Muhamad Mujib dan Agung Setyawan. (2022). Increasing the Reading Interest of Panohan Elementary School Students by Using The Reading Challenge Method. https://journal.citradharma.org/index.php/maktab/article/view/502
  18. Nisaa', F., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238
  19. Siwi Pawestri Apriliani dan Elvira Hoesein Radia. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
  20. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  21. Wulanjani Nisma Arum, A. W. C. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
  22. Yunita Setyo Utami. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. http://dx.doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607

Open Access Copyright (c) 2022 Zahra Yuniar Panca Hidaya, Idah Faridah Laily, Inayatul Ummah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps