IDENTIFIKASI ISTILAH MAZHAB DALAM KITAB MINHĀJ AL-THĀLIBĪN

Authors

  • Zulkiram Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.61433/alnadhair.v1i01.5

Keywords:

Istilah mazhab dalam Minhāj Al-Thālibīn, Istilah Mazhab

Abstract

Dalam kitab Minhāj al-Thālibīn Imam al-Nawawi menyebut terhadap pendapat-pendapat Imam Syāfi’i dan ashab-nya dengan memakai istilah-istilah yang berbeda, salah satu istilahnya ialah mazhab, istilah mazhab ini belum ada penjelasan terperinci dalam kitab Minhāj al-Thālibīn, khususnya cara untuk memahami di mana letaknya pendapat rajih  dari istilah tersebut yang memungkinkan terdapat pada thariq qatha’, thariq khilaf yang sesuai dengan thariq qatha’ atau yang berbeda dengan thariq qatha’. Berdasarkan konsep tersebut, maka penulis perlu menjelaskan tentang identifikasi istilah mazhab dalam Minhāj al-Thālibīn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisa data dilakukan dengan pendekatan content analisis. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini ada dua yaitu: 1. definisi mazhab adalah satu istilah untuk pendapat kuat atau rajih serta mengisyaratkan adanya perbedaan pendapat di kalangan ashab dalam meriwayatkan pendapat mazhab, perbedaan pendapat ini terjadi dalam menyikapi pendapat Imam Syāfi’i (qaul) atau pendapat ashab (wajh) yang terdahulu terhadap satu masalah melalui dua jalur riwayat atau lebih. 2. Cara mengidentifikasi istilah mazhab adalah dengan cara meninjau lafaz-lafaz syarah Minhāj al-Thālibīn. Istilah mazhab ini tidak terlepas dari salah satu tiga thariq, yaitu thariq qatha’, thariq khilaf yang muwaffiq bagi thariq qatha’ dan thariq khilaf yang mukhalif bagi thariq qatha’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad ibn Ahmad al-Qalyūby dan Ahmad al-Barlisy ‘Umairah, Hāsyiāta al-Qalyūby wa ‘Umairah, Jld. ke-1, Singapura: al-Haramain, t.t.

As-Sayyid Ahmad Syumailah al-Ahdal, sullam al-Muta’allim al-Mukhtaj Ila ma’rifati rumuz al-Minhāj, t.k., t.p.,t.t.

Dr. Ahmad bin Abdul Aziz al-Haddad, Tahqīq wa Ta’liq, dalam Minhāj al-Thālibīn: Muhyi al-Din Yahya bin Syarf al-Nawawi, jld. Ke-1, Cet. II, Beirut: Dar al-Basya’ir al-Islamiyyah, 1426/2005.

Ibn Kathir al-Hafizal-Dimashqi, Tabaqat al-Fuqaha al-Syafi’iyyah, jld. Ke-2, Cet. Ke-1, al-Mansurah: Dar al-Wafa, 1999.

Ibnu Hajar al-Haitami, Tuhfah al-Muhtāj fi syarh al-Minhāj, Jld. ke-1, Beirut: Dar al-Fikr, 2014.

Ibnu Hajar al-Haitami, Tuhfah al-Mukhtaj fi syarh al-Minhāj, Jld. ke-1, Beirut: Dar al-Fikr, 2014.

Mestika Zed, “Metode Penelitian Kepustakaan”, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Muhammad bin Ahmad al-Mahalli, Terjemah al-Mahalli, (Terjm: Erwin Syah), Judul asli: kanzu al-Rāghibīn, Jld. ke-I, Aceh Besar: Yayasan Bustanul Darussalam Al-Waliyah, t.t.

Muhammad bin Ahmad al-Mahally, Kanz al-Rāghibīn Syarh Minhāj al-Thālibīn, Jld. ke-1, Cet. Ke-1, Beirut: Dar al-Minhaj, 2016.

Muhammad bin al-Khatib asy-Syarbini, Mughny al-Muhtāj Ila Ma’rifah Ma’any Alfazh al-Minhāj, Jld. ke-1, Cet. Ke-4, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2014.

Muhammad Ibn Aby Abbas al-Ramly, Nihayāh al-Mukhtaj Ila syarh al-Minhāj, Jld. ke-1, Beirut: Dar al-Fikr, 2014.

Muhyi al-Din Yahya bin Syarf al-Nawawi, Minhāj al-Thālibīn wa ‘Umdah al-Muftin, Jakarta: Dar al-Kutub Al-Islamiyah, 2013.

Sayyid Al-Bakry, I’anah al-Thalibin, Jld. Ke-4, Semarang: Thaha Putra, t.t.

Downloads

Published

04/10/2022

How to Cite

S.Ag, Z. (2022). IDENTIFIKASI ISTILAH MAZHAB DALAM KITAB MINHĀJ AL-THĀLIBĪN. Jurnal Al-Nadhair, 1(01), 67–96. https://doi.org/10.61433/alnadhair.v1i01.5