Main Article Content

Abstract

Muhammad Omar “Thooriqoh Ta’limi Mufrodati Al-lughoti Al-arobiyati Li Ghoiri An-natiqina Biha Min Khilali Kitabi Durusul Lugoti Al-arobiyati Fi Al-madrosati Al-mutawassitoti Al-islamiyati Thoriqi Ibni Ziyad Bekasi”, under the supervision of Ustadz Tatang Hidayat magister and Ustadz Muhammad Khanif magister, may God Almighty preserve them. In general, this study aims to describe the method of learning Arabic vocabulary to improve speaking skills. Specifically, this study aims to describe the method of learning Arabic vocabulary at SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School, in the book of Dusul Lughoh, teaching materials for Arabic vocabulary in the book of Durussul Lughoh. The method used in this research is the qualitative descriptive approach based on field research and its analysis, and the methods based on it are the scientific methods for obtaining the information and facts required in knowing the method of teaching Arabic vocabulary and the proposed method for it. The research has reached several of the following results: One of them is that there are problems of teaching the Arabic language and its vocabulary other than the method of education such as self-motivation, teaching aids, the educational environment, individual differences, and teacher competence. There are five methods used to teach the Arabic language and its vocabulary: the direct method, the grammar method and translation, the reading method, the audio and oral method, and the communicative method. The direct method and the audio and oral method are more used and more effective. And the appropriate way to teach the vocabulary of the Arabic language is the direct method with the necessity of its features and methods.


Muhammad Umar: “Thoriqoh Ta’limi Mufrodati Al-lughoti Al-arobiyati Li Ghoiri An-natiqina Biha Min Khilali Kitabi Durusul Lugoti Al-arobiyati Fi Al-madrosati Al-mutawassitoti Al-islamiyati Thoriqi Ibni Ziyad Bekasi”, di bawah pengawasan Ustadz Tatang Hidayat, M. Pd dan Ustadz Muhammad Khanif M. Pd, semoga Allah Yang Maha Kuasa menjaga mereka. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan metode pembelajaran kosakata bahsa Arab di SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School, di kitab Dusul Lughoh, bahan ajar kosakata bahasa Arab di kitab Durussul Lughoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan penelitian lapangan dan analisisnya, dan metode yang didasarkan padanya adalah metode ilmiah untuk memperoleh informasi dan fakta yang diperlukan dalam mengetahui metode pengajaran kosakata bahasa Arab dan metode yang diusulkan untuk pembelajaran kosakata bahsa Arab di SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School Bekasi. Hasil penelitian mencapai beberapa hal sebagai berikut: Salah satunya adalah terdapat permasalahan pengajaran bahasa Arab dan kosa katanya selain metode pendidikan seperti motivasi diri, alat peraga, lingkungan pendidikan, perbedaan individu, dan guru. kompetensi. Ada lima metode yang digunakan untuk mengajar bahasa Arab dan kosa katanya: metode langsung, metode tata bahasa dan terjemahan, metode membaca, metode audio dan lisan, dan metode komunikatif. Metode langsung dan metode audio dan lisan lebih banyak digunakan dan lebih efektif. Dan cara yang tepat untuk mengajarkan kosakata bahasa Arab adalah metode langsung dengan kebutuhan fitur dan metodenya.

Keywords

Arabic vocabulary teaching Durussul Lughoh language lessons book Buku Durussul Lughoh Al-Arabiyah Pengajaran Kosakata Bahasa Arab

Article Details

References

  1. ابن فارس، (2007)، معجم مقاييس اللغة
  2. ثائر أحمد غباري وآخرون، (2015)، البحث النوعي في التربية وعلم النفس، دار الإعصار التعليمي للنشر والتوزيع
  3. رشدي أحمد طعيمة. (1989). تعليم العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأساليبه. الرباط: ايسيكو
  4. رشدي أحمد طعيمة. (2006)، المرجع في تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى، دمشق
  5. سيف المصطفى، (2011)، استراتيجيات تعلم اللغة العربية المبتكرة، UIN-Maliki Press
  6. سيف الدين، (2025)، طرق في تعليم مفردات اللغة العربية
  7. عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان، (2010)، إضاءات لمعلمي اللغة العربية لغير الناطقين بها، العربية للجميع