Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi pada Siswa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.164Keywords:
Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil belajar siswa, Perubahan EnergiAbstract
Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat diterapkan di Sekolah Dasar untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar materi Perubahan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Asemrowo Surabaya yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,002 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar materi Perubahan Energi pada siswa kelas III SDN Asemrowo Surabaya.
Downloads
References
Dewi, M. P., putra, i. K. A., & negara, i. G. A. O. (2013). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd di gugus sri kandi kecamatan denpasar timur. Mimbar pgsd undiksha, 1(1), article 1. Https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.924
Ernawati, n. K. T., drs. I nyoman murda, m. P., & ni wayan rati, s. P. (2016). Penerapan model pembelajran snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa siswa kelas iii semester genap sdn 1 tegal badeng timur kecamatan negara kabupaten jembrana tahun pelajaran 2015/2016. Mimbar pgsd undiksha, 4(1), article 1. Https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7493
Huda, m. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka pelajar.
Kurniasih, i. (2017). Keefektifan model pembelajaran snowball throwing menggunakan media microsoft power point terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika ( studi eksperimen pada materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas viii smp nu hasyim asy’ari tarub kabupaten tegal tahun pelajaran 2016/2017 ). Universitas pancasakti tegal.
Sudjana, N. (2014). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Remaja rosdakarya.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.
Suprijono, A. (2016). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Pustaka pelajar.
Susanto, A. (2016). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Prenamedia group.
Uno, H. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. PT bumi aksara bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.