Analisis Asesmen dan Intervensi Pelaksanaan ANBK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Internal di SD Negeri 016 Loa Kulu
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.179Keywords:
Asesmen dan Intervensi, ANBK, Mutu PendidikanAbstract
Sekolah berupaya melakukan persiapan ANBK dengan meningkatkan berbagai pengalaman dan kemampuan yang ada yaitu melalui kerjasama dengan dinas pendidikan setempat ataupun melakukan sosialisasi untuk membangun kecakapan guru dalam bidang teknologi. Kecakapan guru dalam bidang teknologi secara menyeluruh dapat menjadi tolak ukur sebagai pendukung, guru dapat memberikan arahan kepada setiap siswa pada pelaksanaan ANBK dengan baik. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dan informasi tentang pelaksanaan ANBK di sekolah dasar. Sesuai dengan sistem dan teknis tersebut maka SD Negeri 016 Loa Kulu menyediakan berbagai sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan ANBK. Sekolah telah melakukan banyak upaya agar terjalannya ANBK secara baik, mengingat bahwa sekolah tersebut memiliki jumlah siswa lebih banyak dari sekolah dasar lainnya.
Downloads
References
Amiruddin & Uswatun H,. (2022). Sistem ANBK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Internal MAS Insan Kesuma Madani. Reslaj, 4(3), 695.
Farolai, N. (2022). Pelatihan Dasar-dasar Komputer Sebagai Persiapan Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa SD Negeri 218 Congkoe. Informatika, 3(1), 44.
Jeperson H., & Neni M. (2022). Pengenalan Komputer Pada Persiapan Pelaksanaan ANBK di SD Swasta Panti Budaya Kisaran. Masyarakat Mandiri, 6(3), 1725.
Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis, 22(1), 10.
Santoso. (2021). Pelatihan Keterampilan Dasar Menggunakan Komputer pada Persiapan Pelaksanaan ANBK di SD Muhammadiyah 1 Kisaran Tahun 2021. Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Mayarakat, 1(2), 172.
Setiyowati, H. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah, 6(3), 804.
Siskawati & Ryky M, S,. (2022). Kesiapan Dalam Menyelesaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numberasi Kelas V SDN Palebon 1 Semarang. Sekolah, 6(3), 39.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 2003 No. 20, Evaluasi Peserta Didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Noni Aprili Jasmine Amanda, Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.