Identifikasi Bahan Ajar Guru dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.180Keywords:
Bahan ajar guru, pembelajaran daring, bahasa IndonesiaAbstract
SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan memberikan fasilitas kepada guru-guru untuk membuat video pembelajaran daring seperti fasilitas wifi dan laptop dalam melakukan Zoom Meeting dengan siswa. Oleh karena itu, guru-guru di sekolah tersebut tidak kesulitan dalam mengajar online. Akan tetapi, tidak sedikit guru di sekolah ini yang hanya mengandalkan buku paket dalam proses pembelajaran daring. Hal itu menjadi alasan peneliti tertarik dalam melakukan penelitian di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis, prinsip, dan komponen bahan ajar yang digunakan guru bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru-guru bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan antara lain bahan ajar cetak berupa buku tema dan bahan ajar audiovisual berupa video pembelajaran. (2) Prinsip bahan ajar yang digunakan adalah prinsip relevansi dan kecukupan. (3) Komponen bahan ajar yang digunakan mencakup komponen utama, pelengkap, dan evaluasi hasil belajar.
Downloads
References
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna, 3(1), 12-27.
Aisyah, Siti, Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(1). Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/view/1838
Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 1(2). Retrieved from http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/13/10
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/633/pdf
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Cetakan 1; H. Abadi, ed.). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/link/5e952ab74585150839daf7dc/download
Hasanah, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1026/pdf
Hesti, & Verlinda, D. (2020). Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari Sebagai Bahan Ajar. Journal Educational Of Indonesia Language, 1(1). Retrieved from http://www.journal.uml.ac.id/JEIL/article/view/299/231
Iqbaluddin, D., & Aisa, A. (2020). Asas Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab (Sosial, Psikologis, Kebahasaan, dan Pendidikan). Jurnal Studi Agama, 8(1). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/328149238.pdf
Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif “POST” dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1). Retrieved from http://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/28/22
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (Cetakan pe; B. S. Fatmawati, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Tujuan Teoretis dan Praktik) (1st ed.; Suwito, ed.). Jakarta: Kencana (Prenadamedia Group).
Pratiwi, M., & Arif, S. (2017). Analisis Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas IX. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/udlbwjemdjf5tln7uo7kdcw2um/access/wayback/https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/download/6193/5467
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 4(4). Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf
Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Perangkat Seluler dan Aplikasi Edmodo. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1066
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.