Identifikasi Bahan Ajar Guru dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan

Authors

  • Erin Luthfi Widya Putri Universitas Esa Unggul
  • Khusnul Fatonah Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.180

Keywords:

Bahan ajar guru, pembelajaran daring, bahasa Indonesia

Abstract

SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan memberikan fasilitas kepada guru-guru untuk membuat video pembelajaran daring seperti fasilitas wifi dan laptop dalam melakukan Zoom Meeting dengan siswa. Oleh karena itu, guru-guru di sekolah tersebut tidak kesulitan dalam mengajar online. Akan tetapi, tidak sedikit guru di sekolah ini yang hanya mengandalkan buku paket dalam proses pembelajaran daring. Hal itu menjadi alasan peneliti tertarik dalam melakukan penelitian di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis, prinsip, dan komponen bahan ajar yang digunakan guru bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru-guru bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan antara lain bahan ajar cetak berupa buku tema dan bahan ajar audiovisual berupa video pembelajaran. (2) Prinsip bahan ajar yang digunakan adalah prinsip relevansi dan kecukupan. (3) Komponen bahan ajar yang digunakan mencakup komponen utama, pelengkap, dan evaluasi hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna, 3(1), 12-27.

Aisyah, Siti, Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(1). Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/view/1838

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 1(2). Retrieved from http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/13/10

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/633/pdf

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Cetakan 1; H. Abadi, ed.). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/link/5e952ab74585150839daf7dc/download

Hasanah, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1026/pdf

Hesti, & Verlinda, D. (2020). Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari Sebagai Bahan Ajar. Journal Educational Of Indonesia Language, 1(1). Retrieved from http://www.journal.uml.ac.id/JEIL/article/view/299/231

Iqbaluddin, D., & Aisa, A. (2020). Asas Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab (Sosial, Psikologis, Kebahasaan, dan Pendidikan). Jurnal Studi Agama, 8(1). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/328149238.pdf

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif “POST” dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1). Retrieved from http://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/28/22

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (Cetakan pe; B. S. Fatmawati, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Tujuan Teoretis dan Praktik) (1st ed.; Suwito, ed.). Jakarta: Kencana (Prenadamedia Group).

Pratiwi, M., & Arif, S. (2017). Analisis Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas IX. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/udlbwjemdjf5tln7uo7kdcw2um/access/wayback/https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/download/6193/5467

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 4(4). Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf

Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Perangkat Seluler dan Aplikasi Edmodo. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1066

Published

30-05-2022

How to Cite

Identifikasi Bahan Ajar Guru dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16-38. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.180