Wawasan Al-Quran Tentang Takwa

Majida Faruk

Abstract


Takwa merupakan wasiat Allah dan wajib hukumnya. Namun yang menjadi permasalahan adalah pemahaman kaum muslimin terhadap takwa masih sangat rendah dan bahkan implementasi kehidupan seorang muslimin masih banyak menyimpang dari wasiat takwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wawasan al-Quran tentang takwa kepada Allah SWT berdasarkan tafsir maudhu’i. Metode penelitian ini termasuk penelitian Pustaka yaitu penelitian dengan menggunakan data sekunder seperti buku, jurnal dan dokumen yang relevan. Penelitian ini menggunakan al-Quran dan al-Hadits sebagai sumber data dan informasi dalam mengkaji wawasan al-Quran tentang takwa. Penelitian menyimpulkan bahwa takwa kepada Allah SWT adalah kesediaan seorang manusia secara ikhlas mentaati perintah Allah dan menjauhkan diri dari segala kemungkaran dan dosa. Ketakwaan bukan sebatas pengakuan lisan dan hati, namun harus terbuktikan oleh perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap perbuatan takwa akan mendapat balasan berupa kebahagian hidup dunia dan akhirat. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang ketakwaan kepada Allah SWT.


Keywords


Takwa, Tafsir, Maudhu’i

Full Text:

PDF

References


Ali, Abu, al-Hasan., Ibn Ismail., Al-Mukhashshish., Tahqiq (1996). Khalil Ibrahim Jafal, (Cet. I, Juz III). Beirut, Dar Ihya al-Turas al-Arabi.

Alamsyah, M., & Rosadi, K. I. (2021). Berpikir Kesisteman: Konsepsi Al-Quran Dan Hadis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 238-248.

Aziz, A. A. (2021). Analysis Of Literature Review On Spiritual Concepts According To The Perspectives Of The Al-Quran, Hadith And Islamic Scholars. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(9), 3152-3159.

Al Asfahaniy, Al-Raghib (1972). Mu‘jam al-Mufradat li Alfaz al-Qur ‘an. Beirut: Dar al-Fikr.

Al Haddad, Barkatul Anam Ba’lawi (2008). Nasoihud Diniyah. T.tp: Al-Haramain.

Departemen Agama RI (2009). Al-Qur’an & Terjemah. Bandung: PT Sygma Exagrafika.

Fatah, A. (2020). Penelusuran Makna Taqwa, Dzikr, Dan Falah. Jurnal hermeneutika, 4(1).

Fitri, S. R. A., & Tantowie, T. A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Quran Surah Al-An’am Ayat 151-153 dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis terhadap Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Huda, A. M. (2020). Otak dan Akal dalam Kajian Al-Quran dan Neurosains. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 67-79.

Kasir, Ibnu (1992). Tafsir al-Qur’an al-‘Azim. Beirut: Dal al-Fikr.

Katsir, Ibnu, (2009). Al-Misbahul Munir fī Tahdzuhi Tafsiri Ibni Katsīr”, penj, Abu Ihsan al-Atsari Sahih Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Mardianto, Handono (2010). Saleh Yang Salah. Jakarta: PT Gramedia.

Nurcholisho, L. R. (2019). Penafsiran Taqwa Dalam Qs. Ali Imron Ayat 102 Dan Qs Al-Tagabun Ayat 16 (Aplikasi Penafsiran Kontekstualis Abdullah Saeed). Al-Muntaha. Jurnal Kajian Tafsir dan Studi Islam. 1(1), 67-76.

Parhan, M., Lukman, D. I. N. A., Hikhmalia, A. A., & Rosid, A. A. A. A. (2020). Aktualisasi iman dan taqwa terhadap penggunaan smartphone di kalangan mahasiswa. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 14(2), 255-270.

Saichon, M. (2017). Makna Takwa Dan Urgensitasnya Dalam AL-qur’an. Jurnal Usrah, 3(1), 43-46.

Shihab, M. Quraish. (2008). Kisah dan Hikmah Kehidupan. Bandung: Mizan Pustaka.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Al-Zamakhsyari, Muhammad Ibnu Umar (1977). Al-Kasysyaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqdwil Fi Wujuh al~Ta ‘wii. Beirut: Dal al-Fikr.

Ridho, Muhammad Rasyid Ibnu Ali (1990). Tafsir Al-Mannar. Kairo: Al-Hayah al- Mishriyyah al-‘amah lilkitab.

Thanthawi, Muhammad Sayyid (1997). Al-Tafsir Al-Washit, Juz I. Kairo: Nahdah Al-Misr.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i1.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.