Profil Pemahaman Konsep Matriks dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar

Najmah Istikaanah*  -  Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Ari Wardayani  -  Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep matriks pada mata kuliah Struktur Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matriks pada mata kuliah Struktur Aljabar masih rendah. Hal tersebut ditinjau pada kemampuan mahasiswa untuk menjawab soal tes hasil belajar mata kuliah Struktur Aljabar. Dengan demikian diperlukan adanya penekanan khusus mengenai konsep matriks sebelum mahasiswa mengambil mata kuliah Struktur Aljabar.

Kata kunci: pemahaman, matriks, struktur aljabar.

  1. Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229.
  2. Istikaanah, N., Prayito, M. (2019) Profil Representasi Visual Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 229.
  3. Lesmana, H., Yusmin, Edy., Sayu, Silvia. (2014). Pendeskripsian Pemahaman Konseptual Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Matriks Kelas X SMKN 3 Pontianak. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/216411-pendeskripsian-pemahaman-konseptual-sisw.pdf
  4. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematik. Refika aditama.
  5. Moleong, Lexy j. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung.
  6. Nurani, Mida., Riyadi., Subanti, Sri. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284-292.
  7. Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
  8. Wardani, F. (2020). An analysis of student’s concepts understanding about simple harmonic motion:Study in vocational high school.Journal of Physics: Conference Series, 1511(1).
  9. Walle, John A. Van De, Karp, Karen S, dan Bay-Williams, Jennifer M. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Open Access Copyright (c) 2022 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps