Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMK 3 Kota Sungai Penuh dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Matriks

Eline Yanty Putri Nasution*    -  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Indonesia
Nadira Maulida Fitri  -  IAIN Kerinci, Indonesia
Nur Rusliah  -  IAIN Kerinci, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMK 3 kota sungai penuh dalam menyelesaikan masalah matematika pada matriks. Pengumpulan data kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 7 butir soal kemampuan penalaran matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarika kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas XI Busana 3 SMKN 3 Kota Sungai Penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi kemampuan penalran matematis 50% siswa dikategorikan sangat baik mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi, menyusun pembuktian langsung, serta mampu menarik kesimpulan logis sesuai dengan penalaran terhapad penyelesasian soal matriks. Selanjutnya, kategori baik dicapai oleh 25% siswa, mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi namun kurang lengkap, menyusun pembuktian langsung, dan menarik kesimpulan logis dari penyelesaian soal matriks. Kemudian terdapat 25% siswa mencapai kategori cukup mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi namun kurang benar dan kurang lengkap, tidak mampu menyelesaikan pembuktian langsung, dan tidak dapat menarik kesimpulan logis karena penyelesaiannya kurang lengkap. Selanjutnya tidak ada siswa yang berkemampuan penalaran matematis dalam kategori kurang dan sangat kurang.

Kata Kunci: penalaran matematis, masalah matematika, matriks.

  1. Abdullah, I. H. & Suratno, J. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 20 (2).
  2. Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2).
  4. Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 12(1), 128-215.
  5. Nasution, E. Y. P. (2016). Analisis terhadap Disposisi Matematis Siswa SMK pada Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01), 77-95.
  6. Nasution, E. Y. P., Gunawan, R. G., & Yulia, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(02), 163-176.
  7. Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.
  8. National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: VA: NCTM.
  9. Saputri, I. dkk. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Methaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, Vol (3), 15-24.
  10. Simatupang, R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.
  11. Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. In Curup Annual Conference on Math (CACM) (Vol. 1, No. 1, pp. 21-26).
  12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  13. Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
  14. Wardhani, S. (2008). Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK.

Open Access Copyright (c) 2022 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps