Preferensi Masyarakat dalam Pemilihan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Pada SD NU Insan Cendekia Kediri

Authors

  • Muhammad Nabil Khasbulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.2299

Keywords:

Preferensi Masyarakat, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan semakin mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas semakin tinggi. Mayarakat memerlukan pendidikan yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Konsekuensinya, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu-ilmu yang aktual. Masyarakat sebagai orang tua calon siswa memiliki andil besar dalam penentuan sekolah anaknya. Masyarakat akan mencari sekolah yang bermutu bagi anak mereka termasuk sekolah dasar (SD). Menanggapi hal tersebut, setiap lembaga pendidikan akan berlomba-lomba untuk dapat menarik minat masyarakat khususnya orang tua dalam menyekolahkan anaknya. SD NU Insan Cendekia Kediri merupakan sekolah dengan konsep Islamic dan fullday school yang memiliki citra baik dan favorit di masyarakat. Keberhasilan sekolah tersebut dalam kiprahnya sebagai lembaga pendidikan Islam menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data langsung bisa dikumpulkan dengan latar alami (natural setting). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: preferensi masyarakat dalam pemilihan lembaga pendidikan Islam SD NU Insan Cendekia Kediri, yaitu: pertama, sekolah yang berbasis keagamaan (religiusitas), kedua, sekolah memiliki fasilitas sarana-prasarana yang representatif dan memadai, ketiga, sekolah memiliki budaya yang baik, keempat, sekolah menawarkan berbagai kekhasan dan keunggulan, kelima, sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, keenam, lokasi sekolah strategis.

References

Ari, Batara S. (2018). “Analisis Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Memilih Jasa Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)†Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 8 No. 02, Edisi Oktober.

Asmani, Jamal M. (2012). Tips Sakti Membangun Oganisasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azizy, Q. (2002). Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat. Semarang: Aneka Ilmu.

Echols, John dan Hassan S. (1994). Kamus Inggris-Indonesia, Cet. Xxvi. Jakarta: Gramedia.

Fitriana, V. (2016). “Strategi Yayasan Untuk Menarik Minat Orang Tua dalam Menyekolahkan Anaknya.†Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 25, Nomor 2, September.

Hidayat, N. (2015). “Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII, No. 1, Juni.

Khasanah, N. (2012). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dasar Swasta†Jurnal Satya Widya, Vol. 28, No.2. Desember.

Marli, Zainal A. (2017). “Transformasi Paradigma Manajeman Keilmuan Sekolah Dasar Menuju Pendidikan Dasar Islam†Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember.

Moloeng, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nawawi, Hadari dan M. Martini (1995) Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuning, K. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Siswa Memilih SD Kasatriyan Surakarta.†Jurnal Manajemen Maranatha, Vol.16, No.1, November.

Prihanto. (2013). “Keputusan Orang Tua Pendidikan Dasar Bagi Anak di Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak,†Analisa Sosiologi. Volume 2, Nomor 1.

Tilaar, H.A.R. (2006). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjaun Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rohman, M. dan Amri S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sudarsono (2016). “Upaya Manajerial Pengembangan Kurikulum Program Unggulanâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4, Nomor 1, Mei.

Sofanudin, Aji (2012). “Model Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidiyah di Jawa Tengah.†Jurnal Nadwa, Volume 6, Nomor 1, Mei.

Sugiono (2018). “Pengaruh Biaya dan Lokasi Terhadap Minat Orang Tua Memilih Sekolah di SMPN 2 Manyar Gresikâ€, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 6, Nomor 1.

Sukmadinata, Nana S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Verdiyani, R. (2016). “Analyze of Society Interest to Choose Wuluhadeg and it Assalaam Elementry School†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 23, Tahun ke-5.

Yanuri, D. (2016). “Minat Masyarakat Menyekolahkan anaknya Ke SMP dan Mts. di Kecamatan Semidang Gumay Kabupatenkaur†Al-Bahtsu: Vol. 1, No. 2, Desember.

Zainal, Anshari Marli A. (2017). “Transformasi Paradigma Manajeman Keilmuan Sekolah Dasar Menuju Pendidikan Dasar Islamâ€, Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol. 6, No. 2, Desember 2017.

Downloads

Published

30-10-2020

How to Cite

Khasbulloh, M. N. . (2020). Preferensi Masyarakat dalam Pemilihan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Pada SD NU Insan Cendekia Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(2), 51–66. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.2299

Issue

Section

Articles