Evaluasi Terhadap Pembinaan Kinerja Guru

Authors

  • Ria Fitria Rohmah Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung
  • Binti Maunah Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.2209

Keywords:

Evaluasi, pelatihan, performansi guru

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dari kegiatan pendidikan dan pembelajaran Upaya untuk peningkatan kemampuan guru secara individu telah banyak dilakukan. Pemerintah juga telah berusaha meningkatkan kemampuan dan kelayakan guru. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogig, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan usaha pengembangan profesi yang berkaitan dengan rekrutmen guru dan pemberdayaan guru. Penilaian kinerja guru dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa dengan membantu para guru menyadari potensi mereka dan dapat melaksanakan tugas seefektif mungkin. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, pelaksanaan supervisi dalam lembaga pendidikan sangatlah diperlukan. Penilaian terhadap kinerja guru difokuskan pada usaha untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Oleh sebab itu diperlukan adanya evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru. Dengan adanya evaluasi terhadap pembinaan guru tersebut, seorang guru akan lebih berhati-hati dalam segala hal. Jurnal ini bertujuan untuk menggambarkan tentang evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru. Jurnal ini menggunakan metodeanalisis perpustakaan yang digunakan untuk mencari tahu deskripsi, yang melibatkan aktual danrujukan faktual. Adapun fokus pada jurnal ini adalah (1) langkah evaluasi terhadap pembinaan guru(2) tujuan evaluasi supervisi pengajaran (3) proses evaluasi supervisi pendidikan(4) prinsip-prinsip evaluasi program supervisi pendidikan. dengan diharapkan memahami artikel ini para pembaca mampu menerapkan supervisi dengan pendekatan kolaboratif sehingga tujuan meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru dapat tercapai.

References

Ahmadi, Iif Khoiru, Manajemen Pengembangan Profesionalisme. Tesis Program Pascasarjana UIN Malang: 2005.

Ametembun, N.A., Supervisi Pendidikan – Penuntun Bagi Para Pembina Pendidikan, Kepala Sekolah dan Guru-guru. Cetakan kedua, Bandung: Rama, 1971.

Baharun, Hasan, Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah,” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 2, 2016.

Baharun, Hasan, “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah,” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 6, no. 1 2017.

Elsbree, W.S. Harold and Richard W, Elementary School Administration and Supervision. (Third Edition. New York: American Book Company, 1967.

Hasan, Zamroni Baharun, Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard, 1st ed. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2017.

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber daya Manusia. jakarta: Bumi Akasara,

http:/www.slideshare.net/NASuprawoto/sistem-pembinaan-profesional-guru-sdpresentation. (26/02/20)

Kunandar, Guru Profesiona Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta, Rajawali Pers: 2007, Cet. ke-1.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Maunah, Binti. 2017. Supervisi Pendidikan Islam; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kalimedia

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Peraturan Pemerintah Republik Indinesia, no 19 , tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rachmawati dan Ike Kusdyah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi: 2008.

Shulhan, Muwahid. 2012. Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktik Dalam Mengembangkan SDM Guru). Surabaya: Acima Publishing

Uzer, Moh. Usma, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

W.S. Burton, and Lee J.B., Supervision, New York: Applenton Century-Croff, Inc. 1955.

Downloads

Published

30-10-2020

How to Cite

Rohmah, R. F. ., & Maunah, B. . (2020). Evaluasi Terhadap Pembinaan Kinerja Guru. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(2), 67–79. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.2209

Issue

Section

Articles