Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SD Islam AN NUR Bungur

Authors

  • Dewi Agus Triani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3129

Keywords:

Strategi, Kepala Sekolah, Citra

Abstract

Masyarakat saat ini lebih selektif dalam memilih sekolah. Kondisi ini mengakibatkan sekolah saling bersaing dan menunjukkan eksistensinya. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis upaya Kepala sekolah SD Islam An Nur Bungur Tulungagung dalam merancang strategi guna meningkatkan citra sekolah yang baik di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Perencanaan program kepala sekolah dalam meningkatkan citra sekolah antara lain: (1) mengkaji dan mengidentifikasi berbagai kekuatan dan kelemahan sekolah yaitu dengan melakukan perbaikan secara kontinuitas dengan mempertimbangkan peluang dan ancaman untuk mencapai visi dan misi; (2) memperbaiki kondisi fisik dan non fisik; dan (3) melakukan promosi kepada masyarakat luas. Mobilisasi sumberdaya sekolah dalam meningkatkan citra sekolah dilakukan dengan: (1) menata kebutuhan, kompetensi, dan harmonisasi guru dan staf; (2) meningkatkan standar fasilitas sekolah; (3) mengadakan rapat rutin; (4) menguatkan sistem administrasi sekolah; (5) dan meningkatan kualitas layanan dan pendidikan. Penetapan target dalam meningkatkan citra sekolah yaitu mewujudkan sekolah Adiwiyata dan meningkatkan kualitas pendidikan, dan meningkatkan kepercaayan masyarakat terhadap keberadaan sekolah.

References

Alma, Buchari. (2009). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Anggoro. Linggar, Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi aksara, 2000

Ulum Bahrul. (2014). “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending Probolinggo)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 8 No. 1,1-8

Dian Eka Lestari.(2017). Peran Strategis Hubungan Masyarakat Pada Sekolah Unggul Berorientasi Stakeholder (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Sunan Drajat Lamongan). Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Maliki Malang.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo

Moleong, Lexy J. (2005).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Miles. M. B. Dan Huberman. A. M. (1992). Analisa Data Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Rosady Ruslan. (1999). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Bandung: PT Refika Aditama.

Wahjosumidjo.(2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahnnya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Triani, D. A. . (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SD Islam AN NUR Bungur. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 2(1), 18–27. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3129

Issue

Section

Articles