Pelatihan Penyiaran Berita SMK Negeri 3 Banyumas sebagai Sumber Literasi Kearian Lokal Masyarakat Banyumas

  • Gita Anggria Resticka Universitas Jenderal Soedirman,  Indonesia
  • Erwita Nurdiyanto Universitas Jenderal Soedirman,  Indonesia
  • Nila Mega Marahayu Universitas Jenderal Soedirman,  Indonesia
Keywords: Broadcasting, Penyiaran Berita, Penulisan Kreatif, Seni Budaya Banyumas, SMK Negeri 3 Banyumas

Abstract

Penyiaran berita termasuk dalam bidang jurnalistik. Saat ini kebutuhan akan tenaga professional jurnalisitik sangat tinggi, sehingga banyak dibuka sekolah atau perguruan tinggi dengan penjurusan broadcasting. Sehubungan dengan hal tersebut, dibutuhkan strategi-strategi khusus untuk dapat menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan pasar jurnalistik. Tujuan dalam pelaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan penyiaran berita pada siswa jurusan broadcasting di SMK Negeri 3 Banyumas. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SMK Negeri 3 Banyumas yang merupakan satu-satunya sekolah seni di wilayah karesidenan Banyumas yang memiliki jurusan broadcasting. Tema kegiatan pengabdian yaitu seni dan budaya Banyumas sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat setempat. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu sosialisasi melalui worskhop mengenai materi-materi yang berkaitan dengan penyiaran berita khususnya penyusunan naskah berita dan pembacaan naskah berita. Selanjutnya, siswa melaksanakan praktik lapangan dengan mengumpulkan, mengolah, mendeskripsikan dan menyusun naskah berita, mengedit serta melaporkan dalam sebuah tayangan yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas melalui unggahan youtube. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa produk penyiaran berita audiovisual bertema seni dan budaya Banyumas dengan mengambil objek sentra Batik Papringan di desa Papringan, kecamatan Banyumas dan wisata religi makam Mbah Agung Karang Banar desa Kalisalak, kecamatan Kebasen

Abstract View: 152 PDF Download: 142 Similarity Check Download: 8
Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abidin, S. (2021). Pembinaan Literasi Media dan Pelatihan Jurnalistik di Lapas Anak Kota Batam. Jurnal Puan Indonesia, 2(2), 175–180. Diambil dari http://idebahasa.or.id/puanindonesia/index.php/about/article/view/31

Anwari, R. (2020). Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Barambai. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 107–110. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1905

Arizal, J. dkk. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini. Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50–59.

Darissalam, A. (2017). Kebijakan Redaksional MQTV Bandung dalam Penyiaran Berita. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 1(1), 99–118. https://doi.org/10.15575/cjik.v1i1.1215

Eddyono, A. S. (2012). Media Komunitas dan Jurnalisme Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. ProsidingSeminarNasionalMenggagasPencitraanBerbasisKearifanLokal,Universitas Jenderal Soedirman, 66(September), 37–39. Purwokerto.

Erka, W. (2015). Keterampilan Berbahasa Presenter Penyaji Berita pada Lembaga Penyiaran Televisi. Jurnal Ipteks Terapan, 8(4), 235–241. https://doi.org/10.22216/jit.2014.v8i4.19

Febriana, A. S., Dharta, F. Y., & Oxcygentri, O. (2021). Jurnalisme Independen Media Televisi : Analisis Framing Tayangan Program Mata Najwa Episode di Trans7. Cermin : Jurnal Penelitian, 5(2), 205–218.

Gama, B., & Kusumawati, H. S. (2020). Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Warta LPM, 24(1), 28–37. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9975

Irawan, E. (2020). Pelatihan Blended Learning Sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 190–198. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499

Listari, A., & Ismandianto, I. (2021). Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Kategori Berita Hukum Kriminal Datariau.com. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.457

Mukarom, Z. (2020). Pelatihan Jurnalistik Dasar di Kalangan Remaja Masjid. In UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Vol. 59). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Novitasari, I., Mukarom, Z., & Muhaemin, E. (2021). Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Berita Utama di Surat Kabar “PIKIRAN RAKYAT” Edisi 12 Juni-19 Juli 2018. Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 2(3), 103–122. https://doi.org/10.15575/annaba.v2i3.689

Nugroho, W., Setiawan, A., & Romadhoni, B. N. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.64

Nurdiyanto, E., Resticka, G. A., & Marahayu, N. M. (2021). Peningkatan Apresiasi Sastra Melalui Teatrikal Puisi Bagi Siswa SMK Negeri 3 Banyumas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4879

Pamungkas, S. (2021). Pembelajaran Produksi Kanal Youtube bagi Peserta Ekstra Kurikuler Jurnalistik Sekolah Dian Harapan Tangeran. Proseding PKM-CSR : Konferensi Nasional Pengabdian, 4, 66–73.

Parahita, G. D. dkk. (2021). Panduan Menyunting Berita Multimedia : Alternatif dari Departemen Ilmu Komunikasi UGM. Yogyakarta: Youth Studies Centre Fisipol UGM.

Prasetyo, H., & Zebua, D. (2021). Teknik Produksi Berita Dalam Media Online Era.Id Fitur Lifestyle. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(01), 25. https://doi.org/10.38041/jikom1.v13i01.153

Rosita, F. Y. (2021). Pelatihan jurnalistik pada redaktur majalah sekolah Serambi Al-Muayyad. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3434

Sari, P. P. (2017). Dinamika Perkembangan SMK Negeri 3 Banyumas Tahun 1978-2016. Universitas Muhammadiyah Purokerto.

Sari, S. (2015). Proses Penyuntingan Berita Pada Perusahaan Jawatan Televisi Republik Indonesia (Tvri) Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 1(1). https://doi.org/10.37676/professional.v1i1.126

Sulistiyana. (2019). Kebijakan Program Pendidikan Muatan Lokal di SMK Negeri 3 Banyumas. UIN SAIZU, Purwokerto.

Suprayitno, D. (2020). Perubahan Pola Liputan Reporter Tv Selama Pandemi Covid-19. J-Ika, 7(2), 137–147. https://doi.org/10.31294/kom.v7i2.8402

Syarif, I. (2013). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Triyono, A., Mahardika, D. A., Asmara, L. R., & Fermansah, V. D. (2016). Peningkatan Kapasitas Wartawan Siswa dalam Penerbitan Majalah Sekolah Di SMP Muhammadiyah PK Al-Kautsar. Jurnal Warta LPM, 19, Nomor.

Widadi, Z. (2019). Pemaknaan Batik sebagai Warisan Budaya Takbenda. PENA, 33(2), 17–27.

Published
2022-06-29
How to Cite
Gita Anggria Resticka, Erwita Nurdiyanto, & Nila Mega Marahayu. (2022). Pelatihan Penyiaran Berita SMK Negeri 3 Banyumas sebagai Sumber Literasi Kearian Lokal Masyarakat Banyumas. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 101-112. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i1.131
Section
Pengabdian Masyarakat
Abstract viewed = 152 times
PDF downloaded = 142 times Similarity Check downloaded = 8 times