Main Article Content

Abstract

Abstrak


Kedisiplinan merupakan bagian dari nilai pendidikan karakter yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena pembentukan karakter yang lain dapat terjadi jika diiringi oleh kedisiplinan. Kurangnya kedisiplinan akan mengakibatkan ketidakteraturan. Ketidakteraturan merupakan pangkal dari kemunduran, kemalasan dan dapat berakibat pada rusaknya generasi masa depan karena tanpa kedisiplinan seseorang tidak akan mampu mencapai tujuannya. Organisasi siswa yang ada di Madrasah Aliyah atau Sekolah Menengah Atas merupakan sarana yang tepat dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa, baik mereka yang menajdi pengurus organisasi maupun mereka yang menjadi anggota organisasi siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pendidikan karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Daarul ‘Uluum Lido melalui organisasi di era pandemi covid-19. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu berupa metode kualitatif studi lapangan (field reseach) dengan meninjau langsung bagaimana proses pendidikan karakter disiplin itu dilaksanakan dan penyempurnaanya melalui berbagai dokumen. Hasil penelitian menujukkan bahwa peran organisasi dalam membentuk karakter disiplin sangatlah signifikan. Program pendidikan karakter yang ada di lingkungan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido ini tidak hanya menangani kedidiplinan siswa di kelas namun juga di arsama dan tempat ibadah. Melalui Perencanaan (planning) yang matang, pengelompokkan (organizing) yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa, pelaksanaan (actuating) yang diawasi (controlling) dan di evaluasi (evaluating) oleh para pembina dan kepala sekolah benar-benar telah menjadi wadah bagi program pendidikan karakter yang tepat.


Abstract


Discipline is a very important part of the value of character education. This is because the formation of other characters can occur if accompanied by discipline. Lack of discipline will lead to disorder. Irregularity is the root of decline, laziness and can result in the destruction of future generations because without discipline a person will not be able to achieve his goals. Student organizations in Madrasah Aliyah or Senior High Schools are the right means in instilling disciplined character in students, both those who become organizational administrators and those who are members of the student organization. The purpose of this study was to determine the disciplinary character education program for Madrasah Aliyah Daarul 'Uluum Lido students through organizations in the era of the covid-19 pandemic. The research method applied in this study is in the form of a qualitative field study method by directly reviewing how the process of disciplinary character education is carried out and its refinement through various documents. The results of the study show that the role of the organization in shaping the character of the discipline is very significant. The character education program in the Daarul 'Uluum Lido Modern Islamic Boarding School does not only handle student discipline in the classroom but also in boarding houses and places of worship. Through careful planning (planning), grouping (organizing) in accordance with the interests and abilities of students, implementation (controlling) and evaluation (evaluating) by the coaches and principals have really become a forum for educational programs the right character.

Keywords

organisasi disiplin karakter Madrasah Aliyah Pandemi Covid 19

Article Details

References

  1. Andre E. Sikula. (1981). Personal Administration And Human Resources Management. John Willey & Sons, Inc. Santa Barbara
  2. Asmani, J. (2013). Tips menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Diva Press. Yogyakarta
  3. Direktorat Pendidikan Madrasah. (2010). Wawasan Pendidikan Karakter Islam. Kementerian Agama. Jakarta
  4. Gani, Y. (2018). “Penerapan Reward dan Punishment melalui Tata Tertib Sistem Poin dalam Maningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, Vol. 3, No. 1
  5. Hanani, D. (2016). “Pendidikan Karakter Anak Manurut Imam Al-Gazali” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, Vol. 1, No. 1
  6. Harahap, L. (2017). “Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Studi Multidisipliner Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 4, No. 1
  7. Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Kemendiknas. Jakarta
  8. Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah. Jakarta
  9. Mujahidin, E. dkk. (2019). “Penggunaan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kedisiplinan pada Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 2
  10. Najmuddin, Fauzi, Ikhwani. “Program Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 02
  11. Nashir, H. (2013). Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya. Yogyakarta Multi Presindo. Jogjakarta
  12. Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. eLKAF. Surabaya
  13. Susilomartoyo. (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFF. Yogyakarta
  14. Syafri, Ulil Amri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Rajawali Press. Depok
  15. Takdir Ilahi, M. (2012). Revitalisasi pendidikan berbasi moral. Ar-ruz media. Yogyakarta
  16. Tim Redaksi Tessaurus Bahasa Indonesia. (2008). Tessaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
  17. Tobroni. (2003). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung
  18. Zaeni, M. (2009). Pengembangan Kuikulum, Konsep Implementasi Dan Evaluasi. Teras. Yogyakarta