Main Article Content

Abstract

Abstrak


Permasalahan kepribadian patut diperhatikan oleh siapapun, karena kemerosotan di bidang tersebut bisa menimpa siapa saja, dan berakibat kekacauan dan berkurangnya keberkahan. Apabila yang mengalami masalah pada kepribadian itu seorang guru atau pendidik, akan menjadi persoalan yang semakin besar lagi, karena efeknya tak hanya untuk pribadinya saja tapi juga anak didik yang para orangtuanya banyak menggantungkan harapan kepada mereka. Pembahasan pada penelitian ini berkisar pada konsep kompetensi kepribadian guru yang merupakan amanah undang-undang, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi suatu kepribadian, dan indikator-indikator seorang guru dikatakan berkompeten secara kepribadian, juga konsep asmaul husna, sebagai nilai-nilai ilahi yang kita diperintah untuk ta’abbud dengannya dan diyakini mengandung nilai-nilai kepribadian yang mulia, hingga diharapkan memperkuat kompetensi dimaksud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model studi kepustakaan (library research), di mana peneliti sebagai instrumen utamanya. Penulis memilih salah satu asmaul husna sebagai objek kajian, yaitu nama Allah “al-Shamad”, karena maknanya yang luas dan dianggap refresentatif, dan didapati dari satu nama yang agung ini nilai-nilai karakter yang memadai untuk memperkuat kompetensi kepribadian guru sebagaimana yang diharapkan.


Abstract


Personality problems deserve attention by anyone, because deterioration in this field can happen to anyone, and result in chaos and reduced blessings. If the person experiencing personality problems is a teacher or educator, it will become an even bigger problem, because the effect is not only for personalities but also for students whose parents depend a lot on them. The discussion in this study revolves around the concept of teacher personality competence which is the mandate of law, factors that can influence a personality, and indicators of a teacher who is said to be personally competent, also the concept of Asmaul Husna, as divine values that we are governed by. for ta'abbud with it and it is believed to contain noble personality values, so that it is expected to strengthen the said competence. This study uses a qualitative method with a library research model, in which the researcher is the main instrument. The author chooses one of the Asmaul Husna as the object of study, namely the name Allah "al-Shamad", because of its broad meaning and is considered to be representative, and it is found that from this great name the character values are sufficient to strengthen the teacher's personality competence as expected.

Keywords

character teacher asmaul husna

Article Details

References

  1. ‘Abd al-Latîf, ‘Abdul ‘Aziz ibn Muhammad al-. (1993). Ma’âlim fi al-Sulûk wa Tazkiyah al-Nufûs. Riyâdh: Dâr al-Wathan li al-Nasyr
  2. ‘Asqalâni, Ahmad ibn Ali ibn Hajar Al-. (1379). Fath al-Bâriy. Beirut: Dâr al-Ma’rifah.
  3. Afifuddin,. & Saebani, Beni Ahmad. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
  4. Al-Mijlâd, Muhammad Kayyâd. Fadhl Sûrah al-Ikhlâsh. Diakses tanggal 25 Desember 2020. https://www.alukah.net/sharia/0/125350/
  5. Arief, Zainal Abidin. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru dalam Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.
  6. Badr, Abd al-Razzâq bin Abdul Muhsin Al-. (2008). Fiqh al-Asmâ al-Husnâ. Riyadh: Dar Tauhîd li an-Nasyr.
  7. Baihaqi, Ahmad ibn Husain ibn ‘Ali ibn Mûsâ Al-. (1993). Al-Asmâ wa ash-Shifât. Jeddah: Maktabah al-Sawâdî.
  8. Hazâ’, Muhammad Ibn Ibrâhîm al-. (tt). Shifât al-Mu’allim. Riyâdh: Dâr al-Qâsim
  9. Jamal Ma‟mur Asmani. (2009) 7 Kompetensi Guru menyenangkan dan Profesional, Jogjakarta: Power Books (ihdina)
  10. Jauziyyah, Ibn Qayyim Al-. (1429). Al-Dâ’u wa al-Dawâ. Makkah: Dâr ‘Alam al-Fawâ’id.
  11. Jauziyyah, Ibn Qayyim Al-. (1989). ‘Uddah al-Shâbirin wa Dzakhîrah al-Syâkirin. Madinah: Dâr al-Turâts.
  12. Jauziyyah, Muhammd bin Abi Bakr bi Ayyûb Ibnu Qayyim Al-. (1996). Badâ’i’u al-Fawâ’id. Beirut: Dâr al-Kutub al-Arabiy.
  13. Jauziyyah, Muhammd ibn Abi Bakr bi Ayyûb Ibnu Qayyim Al-. (1996). Madârij al-Sâlikîn Baina Manâzil Iyyâka Na’budu wa Iyyâka Nasta’în. Beirut: Dâr al-Kutub al-Arabiy.
  14. Julayyil, ‘Abd al-Azîz ibn Nâshir Al-. (2017). Walillâhi al-Asmâ al-Husnâ Fad’ûhu Bihâ. Kairo: Dâr al-Shafwah.
  15. Jurjânî, Ali ibn Muhammad ibn ‘Ali, al-Zain al-Syarîf Al-. (1983). Kitâb al-Ta’rîfât. Beirut, Dâr al-Kutub al-Ilmiyyah.
  16. Katsîr, Abu al-Fidâ Ismâ’il ibn Umar Ibn. (1419). Tafîr al-Qur’ân al-Azhîm, Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah
  17. Koesoema, Doni. (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
  18. Maidâni, ‘Abd al-Rahmân Hasan Hanbakah Al-. (tt). al-Akhlâq al-Islâmiyyah wa Asasuhâ. Damaskus, Dâr al-Qalam.
  19. Miskawaih, Abû ‘Ali Ahmad ibn Muhammad ibn Ya’kûb. (1329). Tahdzîb al-Akhlâq wa Tathîr al-A’râq. Kairo: al-Mathba’ah al-Husainiyyah.
  20. Muhaimin, Menjadi Guru Yang Kompeten, Gema Insani, Jakarta, 2001
  21. Munawwir, Ahmad Warson Al-. (1997). Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.
  22. Nawawi, Abû Zakariya Muhyi ad-Dîn Yahyâ ibn Syaraf Al-. (1994). Kitab al-Adzkâr. Beirut: Dâr al-Fikr.
  23. Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  24. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
  25. Qurthubî, Abu Abdillah Muhammad Ibn Ahmad Ibn Abi Bakr Ibn Farh al-Anshâri Al-. (1964). Al-Jami’ li Ahkâm al-Qur’ân. Kairo: Dâr al-Kutub Al-Mishriyyah.
  26. Sa’dy, Abdurrahmân bin Nâshir Al-. (2003) Taisîr al-Karîm ar-Rahmân. Kuwait: Jamiyyah Ihyâ al-Turâts al-Islâmiy.
  27. Samani, Muchlas., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.
  28. Tamam, Abas Manshur, (2017). Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim. Jakarta: Spirit Media Press.
  29. Taymiyah, Taqiyuddin Abu al-‘Abbâs Ahmad ibn ‘Abd al-Halîm ibn. (2005). Al-Ubudiyyah. Beirut: Al-Maktab al-Islâmî
  30. Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
  31. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen