Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mencari irisan antara nilai budaya dan pendidikan karakter. Nilai budaya merupakan salah satu sumber etika untuk membentuk karakter. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya. Bagaimana nilai-nilai budaya itu ditransmisikan melalui pendidikan karakter pada trisentra pendidikan, lembaga pendidikan, keluarga, ataupun lingkungan. Penelitian ini bersifat library research dengan meneliti sampel tulisan-tulisan para peneliti terdahulu, kemudian dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan sebagai hasil akhir penelitian. Diharapkan penelitian bias memberikan kontribusi pengembangan khasanah keilmuan karakter berbasis nilai budaya, serta mampu berkontribusi untuk mengembangkan metode dan cara pengembangan karakter di lembaga pendidikan.


Abstract


This study aims to find a slice between cultural values and character education. Cultural values are a source of ethics to shape character. The Indonesian nation is a nation that is rich in culture. How are those cultural values transmitted through character education in educational trisentra, educational institutions, families, or the environment. This research is a library research by examining a sample of the writings of previous researchers, then analyzed and ended with a conclusion as the final result of the study. It is hoped that research can contribute to the development of character knowledge based on cultural values, and be able to contribute to developing methods and methods of character development in educational institutions.

Keywords

Pendidikan Karakter Nilai Budaya

Article Details

References

  1. Achmad, A. W. (2016, September 6). Filosofi “Manunggaling Kawulo Gusti” Dibedah di Sydney. DetikNews e Abc Australia, Https://News.Detik.Com/Abc-Australia/d-3291965/Filosofi-Manunggaling-Kawulo-Gusti-Dibedah-Di-Sydney.
  2. Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi. Buku Kompas.
  3. Bebas, W. E. (2020, April 5). Memayu Hayuning Bawana. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Memayu_hayuning_bawana.
  4. Cahyono, A. (2006). Pola Pewarisan Nilai-Nilai Kesenian Tayub. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, VII(1), 23–36.
  5. Compas.com. (2019). https://nasional.kompas.com/read/2019/03/30/21441421/cek-fakta-jokowi-sebut-ada-714-suku-dan-1001-bahasa-di-indonesia. Kompas.Com - 30/03/2019.
  6. Compas.com. (2020). Sederet Kasus Tawuran Antar-pelajar di Tengah Pandemi Corona Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sederet Kasus Tawuran Antar-pelajar di Tengah Pandemi Corona”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/03/28/12252161/sederet-. 1.
  7. Dalmeri, D. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 14(1), 269–288.
  8. DosenPendidikan.Com. (2021, January 18). Pengertian Budaya. Https://Www.Dosenpendidikan.Co.Id/Pengertian-Budaya/.
  9. Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263
  10. Hindaryatiningsih, N. (2016). Model Proses Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Tradisi Masyarakat Buton. Sosiohumaniora, 18(2), 108–115. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v18i2.9944
  11. Manis, S. (2018). Pengertian Wayang, Fungsi, Kandungan dan Jenis-Jenis Wayang Lengkap. Https://Www.Pelajaran.Co.Id/2018/04/Pengertian-Wayang-Fungsi-Kandungan-Dan-Jenis-Jenis-Wayang-Lengkap.Html, 3.
  12. Ningsih, D. T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter (1st ed.). STAIN Press, Purwokerto. https://doi.org/10.31227/osf.io/qft7g
  13. Pidarta, P. D. M. (2000). Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia (1st ed.). PT Rineka Cipta.
  14. Rahayu, N., Setyarto, S., & Efendi, A. (2014). Model Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Jawa Melalui Pemanfaatan Upacara Ritual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 55–69.
  15. Suharsono, B. (2012). Tata Nilai Budaya Yogyakarta. In Kebudayaan Yogyakarta: Vol. (Issue).
  16. Suriata. (2015). Analisis Nilai-Nilai Budaya Karia Dan Implementasinya Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 9. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1352
  17. Syarif, E., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2016). Integration of cultural value of Bugis Makassar ethnic in learning process as one of facing strategy on Asean Economic Community. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21.
  18. Tantowi, A. (2008). Pendidikan Islam di Era Transformasi Global (M. Ramadhan (ed.); 1st ed.).
  19. Utomo, E. P. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ips Pada Siswa Smp Negeri Model Terpadu Bojonegoro. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.