Prinsip Dakwah Qur’ani: Perspektif Balaghah Surat Al-Nahl Ayat 125

Main Article Content

Irfan Rhamdan Wijaya

Abstract

Al-Qur’an, mukjizat abadi sepanjang masa, takkan lekang di makan zaman, terkandung di dalamnya sebaik-baik pesan dari Dzat Yang Maha Agung, tersurat dan tersirat tingkatan tertinggi kefasihan dan balaghah, unggul seluruhnya, baik dari keragaman uslub ungkapannya, ma’ani-nya,
maupun seni pengungkapannya. Penelitian ini, ditujukan untuk menggambarkan keagungan bahasa Al-Qur’an sekaligus aplikasinya menyelami kandungan ayat Al-Qur’an, dan ayat pilihan yang dijadikan objek penelitian adalah QS. Al-Nahl [16]: 125, menggunakan pendekatan
studi kepustakaan (library research) dengan analisis mendalam (istiqrâ’); yakni dengan mengumpulkan data-data primer dan sekunder terkait balaghah ayat. Dengan ruang lingkup pembahasan, mencakup paradigma mendasar balaghah Al-Qur’an dan aplikasinya pada tafsir-balaghah QS.Al-Nahl [16]: 125. Dari penelitian ini, akan tergambar kedudukan ilmu balaghah dalam mendukung setiap insan yang beriman mentadaburi AlQur’an al-’Azhim.

Article Details

How to Cite
Wijaya, I. R. (2019). Prinsip Dakwah Qur’ani: Perspektif Balaghah Surat Al-Nahl Ayat 125. ZAD Al-Mufassirin, 1(1), Halaman 47–77. https://doi.org/10.55759/zam.v1i1.3
Section
Article
Author Biography

Irfan Rhamdan Wijaya, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Zad Cianjur

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Zad Cianjur

References

‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah, Aqwâl al-Tâbi’în fî Masâ’il al-Tauhîd wa al-Îmân, (Riyadh: Dâr al-Tauhîd, 1423 H), hlm. 48-53.

Abdul Aziz Atiq, ‘Ilm al-Ma’ânî, Beirut: Dar al-Nahdhah, cet. I, 1430 H, hlm. 48.

Abdurrahman bin Nashir al-Sa’di, Taysîr al-Karîm al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm al-Mannân, (Mu’assasat al-Risalah, cet. I, 1420 H), hlm. 452.

Abdurrahman Jalaluddin al-Suyuthi, Al-Itqân fî ‘Ulûm al-Qur’ân, Mesir: Al-Hai’ah al-Mishriyyah al-‘Amah li al-Kitab, 1394 H, juz II, hlm. 379.

Abu ‘Abdullah al-Razi, Mafâtîh al-Ghaib (al-Tafsîr al-Kabîr), (Beirut: Dâr Ihyâ’ al-Turâts al-‘Arabi, cet. III, 1420 H), juz VIII, hlm. 314.

Abu al-Fida’ Isma’il bin ‘Umar Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-’Azhîm, (Dâr al-Thayyibah, cet. II, 1420 H), juz VIII, hlm. 480.

Abu al-Hasan Sayyiduddin ‘Ali bin Abi ‘Ali al-Amidi, Al-Ihkâm fî Ushûl al-Ahkâm, Ed: Dr. Sa’id al-Jamili, (Beirut: Dâr al-Kitâb al-‘Arabi, cet. I, 1404 H), juz I, hlm. 96.

Abu al-Qâsim al-Râghib al-Ashfahani, Al-Mufradât fî Gharîb al-Qur’ân, (Maktabat Nazâr Mushthafa al-Bâz, juz I), hlm. 3.

Abu al-Su’ud al-‘Imadi, Irsyâd al-‘Aql al-Salîm ilâ Mazâyâ al-Kitâb al-Karîm, juz V, hlm. 151.

Abu al-Su’ud al-‘Imadi, Irsyâd al-‘Aql al-Salîm, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi), juz II, hlm. 67.

Abu al-Su’ud al-‘Imadi, Irsyâd al-‘Aql al-Salîm, juz II, hlm. 67.

Abu al-Thayyib Muhammad Shiddiq Khan al-Bukhari, Nayl al-Marâm Min Tafsîr Âyât al-Ahkâm, Ed: Muhammad Husain Isma’il dkk, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2003 M), hlm. 362.

Abu Bakar Muhammad al-Baqilani, I’jâz al-Qur’ân, (Kairo: Al-Mathba’ah Al-Salafiyyah, 1349 H), hlm. 13.

Abu Hayyan Muhammad bin Yusuf al-Andalusi, Al-Bahr al-Muhîth fî al-Tafsîr, Ed: Shidqi Muhammad Jamil, Beirut: Dar al-Fikr, 1420 H, juz III, hlm. 721.

Abu Muhammad Jamaluddin Ibnu Hisyam, Syarh Syudzûr al-Dzahab fî Ma’rifat Kalâm al-‘Arab, Ed: Abdul Ghani, (Suriah: Al-Syirkat Al-Muttahidah), t.t., hlm. 202.

Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syarf al-Nawawi, Al-Minhâj Syarh Shahîh Muslim, juz II, hlm. 37.

Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syarf al-Nawawi, Al-Minhâj Syarh Shahîh Muslim, juz II, hlm. 37.

Ahmad Ahmad Abdullah al-Badawi, Min Balâghat al-Qur’ân, (Kairo: Nahdhat Mishra, 2005), hlm. 129.

Ahmad bin ‘Ali bin Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri, juz III, hlm. 248.

Ahmad bin Ali Abu Bakar al-Jashshash, Ahkâm al-Qur’ân, Ed: Muhammad Shadiq al-Qamhawi, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, 1405 H), juz II, hlm. 329.

Ahmad bin Hanbal, Al-Zuhd, (Dâr ‎Ibnu Rajab, cet. II, 2003), hlm. 244.‎

Ahmad bin Ibrahim al-Hasyimi, Jawâhir al-Balâghah fî al-Ma’ânî wa al-Bayân wa al-Badî’, Beirut: al-Maktabah al-‘Ashriyyah,

Bentuk al-îjâz merupakan pengungkapan makna-makna dengan lafazh yang ‎ringkas ‎dan cukup menyampaikan pada maksud yang dituju (Dr. Abdullah al-Hamid dkk, Al-‎Balâghah wa al-‎Naqd, hlm. 92), baik berupa pengungkapan makna-makna dengan ‎lafazh yang ringkas ‎tanpa ada bagian yang dihilangkan namun cukup ‎menyampaikan pada maksud ‎‎(îjâz qishar), atau dengan menghilangkan ‎pengungkapan sesuatu baik satu kata, ‎kalimat atau lebih (îjâz hadzf) disertai ‎adanya petunjuk yang memperjelas bentuk ‎ungkapan yang dihilangkan tersebut ‎‎(Dr. Abdul Aziz bin Ali al-Harbi, Al-Balâghah al-‎Muyassarah, Beirut: Dâr Ibnu Hazm, cet. II, 1432 H, hlm. 50; Dr. Abdullah al-Hamid dkk, Al-Balâghah wa al-‎Naqd, (Riyâdh: Jâmi’at al-Imâm Muhammad bin Su’ud al-Islâmiyyah, cet. II, 1425 H), hlm. 92)‎

Dr. Abdul Aziz bin Ali al-Harbi, Al-Balâghah al-Muyassarah, hlm. 51.

Dr. Ayman Amin Abdul Ghani, Al-Kâfî fî Al-Balâghah, (Kairo: Dar al-Tauqifiyyah li al-Turats), hlm. 4.

Dr. Ayman Amin Abdul Ghani, Mulakhkhash Qawâ'id al-Lughah al-'Arabiyyah, (Mesir: Dar al-Taufiqiyyah).

Dr. Muhammad Ahmad Qasim dkk, ‘Ulûm al-Balâghah (Al-Badî’ wa al-Bayân wa al-Ma’ânî), (Libanon: Al-Mu’assasat al-Haditsah li al-Kitab, cet. I, 2003 M), hlm. 20; Abdul Malik Abu Manshur al-Tsa’alabi, Khâsh al-Khâsh, Ed: Hasan al-Amin, Beirut: Dar Maktabat al-Hayat, t.t., hlm. 32.

Dr. Muhammad bin Sa’ad al-Dabl, Dalîl al-Balâghah al-Qur’âniyyah, (Sabkat al-Alûkah, cet. I, 1431 H/2010), juz I, juz I, hlm. 506.

Dr. Muhammad bin Sa’ad al-Dabl, Dalîl al-Balâghah al-Qur’âniyyah, juz I, hlm. 506.

Hamid ’Auni, Al-Manhaj al-Wâdhih li al-Balâghah, (Al-Maktabah al-Azhariyyah), t.t., juz II, hlm. 127; Abdul Malik Abu Manshur al-Tsa’alabi, Khâsh al-Khâsh, hlm. 32.

Hifni Nashif, dkk, Al-Durûs al-Nahwiyyah, (Kuwait: Dâr Îlâf al-Dauliyyah, cet. I, 1427 H), juz IV, hlm. 406.

HR. Muslim dalam Shahîh-nya (no. 2162); al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad (no. 991); Ahmad dalam Musnad-nya (no. 8832), Syaikh Syu’aib al-Arna’uth mengomentari: “Sanadnya shahîh.”

HR. Muslim dalam Shahîh-nya (no. 2865); Ahmad dalam Musnad-nya (no. 17756).

HR. Muslim dalam Shahîh-nya (no. 55); Abu Dawud dalam Sunan-nya (no. 4946); Ahmad dalam Musnad-nya (no. 16982), Syaikh Syu’aib al-Arna’uth mengomentari: “Sanadnya shahîh sesuai syarat Imam Muslim.” Dan juga al-Dailami dalam Sunan-nya dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu (no. 2754), Syaikh Husain Salim Asad mengomentari: “Sanadnya hasan.” Begitu pula al-Bazzar dalam Musnad-nya (no. 8901).

HR. Muslim dalam Shahîh-nya (no. 56); al-Bukhari dalam Shahîh-nya (no. 2565); Ahmad dalam Musnad-nya (no. 19222), Syaikh Syu’aib al-Arna’uth mengomentari: “Sanadnya shahîh sesuai syarat syaikhain (al-Bukhari dan Muslim).”; al-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabîr (no. 2470); al-Baihaqi dalam al-Âdâb (no. 189); al-Nasa’i dalam Sunan-nya (no. 4167).

Ibid.

Ibid.

Ibid.

Ibid.

Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri, juz III, hlm. 248.

Intisari ini pun dirinci dalam sejumlah kutub tafsir; Tafsir Al-Razi, Tafsir Al-Munir, dan lainnya.

Jamaluddin Abu al-Faraj Abdurrahman bin Ali al-Jauzi, Nuzhat al-A’yun al-Nawâzhir fî ‘Ilm al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir, (Beirut: Mu’assasat al-Risalah, cet. I, 1404 H), hlm. 172.

Kata akal berasal dari bahasa Arab, al-’aql yang sama artinya dengan al-idrâk, dan al-fikr. Ketiga lafazh tersebut maknanya sama. Dalam bahasa Arab kata seperti ini disebut mutarâdif atau sinonim. Lihat: Hafidz Abdurrahman, Diskursus Islam Politik & Spiritual, hlm. 56.

Khalid bin Abdullah al-Azhari, Syarh al-Tashrîh ‘alâ al-Tawdhîh, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah), cet. I, 1421 H, juz I, hlm. 96.

Mahmud bin Abdurrahim Shafi, Al-Jadwal fî I’râb al-Qur’ân al-Karîm, (Damaskus: Dar al-Rasyid, cet. IV, 1418 H), juz XIV, hlm. 414.

Majduddin Abdussalam bin Taimiyyah, dkk, Al-Musawwadah fî Ushûl al-Fiqh, Ed: Muhammad Muhyiddin, (Dar al-Kitab al-‘Arabi), juz I, hlm. 5.

Mana’ bin Khalil al-Qaththan, Mabâhits fî ‘Ulûm Al-Qur’ân, (Maktabat al-Ma'ârif, cet. III, 1421 H), hlm. 5

Muhammad bin Ali al-Syaukani, Al-Fath al-Rabbâni Min Fatâwâ al-Imâm al-Syaukâni, (Shan’a: Maktabat al-Jîl al-Jadîd, t.t.), juz III, hlm. 1320.

Muhammad bin Ali al-Syaukani, Al-Fath al-Rabbâni Min Fatâwâ al-Imâm al-Syaukâni, (Shan’a: Maktabat al-Jîl al-Jadîd, t.t), juz I, hlm. 75.

Muhammad bin Ali al-Syaukani, Al-Fath al-Rabbâni, juz III, hlm. 1365.

Muhammad bin Jarîr Abu Ja’far al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, juz VI, hlm. 570.

Muhammad bin Jarîr al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, (Beirut: Mu’assasat al-Risalah, cet. I, 1420 H), juz XVII, hlm. 321.

Muhammad bin Jarîr al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, juz XVII, hlm. 321; Nashiruddin Abu Sa’id al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta’wîl, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, cet. I, 1418 H), juz III, hlm. 245.

Muhammad bin Jarîr al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, juz XVII, hlm. 321.

Muhammad bin Jarîr al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, juz XVII, hlm. 321.

Muhammad bin Jarîr al-Thabari, Jâmi’ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân, juz XVII, hlm. 321.

Muhammad Shiddiq Khan al-Husaini, Fath al-Bayân fî Maqâshid al-Qur’ân, juz XIII, hlm. 71.

Muhammad Shiddiq Khan bin Hasan al-Husaini, Fath al-Bayân fî Maqâshid al-Qur’ân, (Beirut: Al-Maktabah al-’Ashriyyah, 1412 H), juz XIII, hlm. 71.

Muhyiddin bin Ahmad Mushthafa Darwisy, I’râb al-Qur’ân wa Bayânuhu, (Homs: Dâr al-Irsyâd, cet. IV, 1415 H), juz V, hlm. 385.

Muhyiddin bin Ahmad Mushthafa Darwisy, I’râb al-Qur’ân wa Bayânuhu, juz V, hlm. 385.

Nashiruddin Abu Sa’id al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta’wîl, juz III, hlm. 245.

Nashiruddin Abu Sa’id al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta’wîl, juz III, hlm. 245.

Pemahaman ini sama seperti pemahaman terhadap Surat Al-Baqarah [2]: 183, yang menjadikan ketakwaan sebagai hikmah dari shaum Ramadhan.

Prof. Dr. ‘Iyadh al-Silmi, Ushûl al-Fiqh Alladzî Lâ Yasa’u al-Faqîh Jahlahu, (Riyadh: Dar al-Tadammuriyyah, cet. I, 1426 H), hlm. 222.

Prof. Dr. Fadhil Shalih al-Samara’i, Balâghat al-Kalimah fî al-Ta’bîr al-Qur’âni, (Kairo: Syirkat al-‘Âtik, cet. II, 1427 H), hlm. 4.

Prof. Dr. Muhammad Mushthafa al-Zuhaili, Al-Wajîz fî Ushûl al-Fiqh al-Islâmi, (Damaskus: Dar al-Khayr, cet. II, 1427 H), juz II, hlm. 74.

Prof. Dr. Muhammad Mushthafa al-Zuhaili, Al-Wajîz fî Ushûl al-Fiqh al-Islâmi, Damaskus: Dar al-Khayr, cet. II, 1427 H, juz I, hlm. 264; Abdul Muhsin bin Abdullah al-Zamil, Syarh al-Qawâ’id al-Sa’diyyah, Riyadh: Dar Athlas al-Khadra’, cet. I, 1422 H, hlm. 343..

Prof. Dr. Muhammad Rawwas Qal’ah Ji dkk, Mu’jam Lughat al-Fuqahâ’, Beirut: Dâr al-Nafâ’is, cet. II, 1408 H, hlm. 335.

Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili, Al-Tafsîr al-Munîr, juz ke-21, hlm. 82.

Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili, Al-Tafsîr al-Munîr, juz ke-21, hlm. 82.

Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili, Al-Tafsîr al-Munîr, juz ke-30, hlm. 464.

Prof. Dr. Wahbah bin Mushthafa al-Zuhaili, Al-Tafsîr al-Munîr fî al-‘Aqîdah wa al-Syarî’ah wa al-Manhaj, (Damaskus: Dâr ‎al-Fikr al-Mu’âshir, cet. II, 1418 H), juz I, hlm. 62.‎

Prof. Dr. Wahbah bin Mushthafa al-Zuhaili, Al-Tafsîr al-Munîr fî al-‘Aqîdah wa al-Syarî’ah wa al-Manhaj, juz XXI, hlm. 82-83.

Salah seorang doktor di bidang ilmu balaghah dari salah satu Universitas Islam terkemuka di dunia, Universitas al-Azhar, berdiskusi langsung dengan penulis pada Bulan September, 2015.

Sebagaimana ditegaskan oleh Dr. Muhammad Zuhaili dalam catatan kaki atas kitab Syarh al-Kawkab al-Munîr, karya al-Imam Ibnu al-Najjar al-Hanbali (w. 972 H).

Sebagaimana diulas rinci dalam ilmu balaghah, lihat: Yahya bin Hamzah al-‘Alawi, Al-Thirâz li Asrâr al-Balâghah wa ‘Ulûm Haqâ’iq al-I’jâz, Beirut: Al-Maktabah al-‘Unshuriyyah, cet. I, 1423 H, juz III, hlm. 41.

Syihabuddin Ahmad bin Idris al-Qarafi, Nafâ’is al-Ushûl fî Syarh al-Mahshûl, Ed: Adil Ahmad, (Riyadh: Maktabat Nazzâr Mushthafa al-Bâz), cet. I, 1416 H, juz III, hlm. 989.

Taqiyuddin Ibnu Daqiq al-Ied, Syarh al-Arba’în al-Nawawiyyah, Makkah: al-Maktabah al-Faishaliyyah, t.t., hlm. 52.