Penyuluhan dan Pendampingan Pemasaran Petani di Era New Normal Covid-19 di Desa Bonto Tallasa Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng

  • Jumiati Jumiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sahlan Sahlan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Akbar Akbar Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: pemasaran, digital marketing, new normal

Abstract

Kondisi pertanian saat ini sangat mempengaruhi pada sektor pertanian. Kontribusi pertanian yang semakin berkurang serta peranan sektor pertanian yang makin mengalami perubahan. Kondisi covid-19 yang menjadi salah satu faktor terjadinya penyusutan pendapatan petani. Berdasarkan dari permasalahan yang terjadi, maka ditawarkan salah satu solusi yang direkomendasikan untuk petani di Desa Bonto Tallasa Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng yaitu pelatihan dan pendampingan pemasaran di era Covid-19 menuju era new normal yang bertujuan pengelolaan usaha tani masyarakat dalam upaya peningkatan hasil pendapatan yang maksimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021 di masa pandemi Covid-19 dilakukan penyuluhan dan pendampingan langsung ke mitra. Dengan demikian hasil pertanian merupakan usaha pertanian yang mendukung baik dari sektor hulu maupun hilir. penyuluhan pendampingan pemasaran hasil pertanian dengan melalui platform media sosial yaitu Facebook Marketplace melalui penerapan pemasaran digital sebagai alternatif penanganan pemasaran di tengah pandemi Covid-19. Alhasil pelaksanakan penyuluhan yang kami berikan kepada mitra memperoleh dampak perekonomian yang sangat signifikan terhadap usaha pertanian mitra atau kelompok tani maju mandiri. menurut Mitra tentang pemasaran produk dengan bantuan teknologi digital sangat terbantu dengan pemanfaatan teknologi digital dalam mengembangkan usahanya sehingga menurut mereka mampu untuk mempertahankan kehidupannya mendapatkan semangat dalam mengembangkan usaha di masa kondisi pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djakfar, Z. R. (1990). Ekonomi Pertanian, Cetakan Pertama. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Juminto, M. S. (2020). Adaptasi UMKM saat New Normal. https://www.jawapos.com/opini/24/06/2020/adaptasi-umkm-saat-new-normal

Mardikanto, T. (1999). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta : Sebelas Maret University.

Pambudi, R. E. (2020). Ini Alasan New Normal 'Wajib' Dilakukan di RI pada 1 Juni. https://www.cnbcindonesia.com/news/2020051 8093037-4-159138/ini-alasan-new-normal-wajib-dilakukan-di-ri-pada-1-juni

Kasryno. (1996). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Santoso, P. (2020). UMKM Musti Ubah Cara Pandang, New Normal adalah Era Paradigma Baru. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr01395635/umkm-musti-ubah-cara-pandangnew-normal-adalah-era-paradigma-baru

Syahyuti, dkk. (2008). Ekonomi Pembangunan. FE UGM. Yogyakarta.

Published
2022-02-06
How to Cite
Jumiati, J., Sahlan, S., & Akbar, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Pemasaran Petani di Era New Normal Covid-19 di Desa Bonto Tallasa Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Madaniya, 3(1), 47-53. https://doi.org/10.53696/27214834.133
Section
Artikel