PENYULUHAN PEMASARAN JASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN WISATA KULINER PESISIR PANTAI TANJUNG BIAS DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR

Abstract

Wisata kuliner kini mengalami perkembangan pesat dan semakin popular dikalangan masyarakat, akibat adanya perubahan gaya hidup masyarakat dalam pemenuhan konsumsi makan, dimana dalam mengkonsumsi makanan masyarakat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, namun juga untuk mencari kepuasan rasa, pelayanan dan suasana pemandangan. Perubahan trend masyarakat ini, mendorong banyak wirausahawan untuk mendirikan rumah makan pada lokasi-lokasi baru yang strategis dengan ciri khas masing-masing.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat pedagang, lapak kuliner yang berada di pesisir pantai Tanjung Bias desa Senteluk Kecamatan Batulayar tentang pemasaran jasa (“Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati) dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan konsumen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyuluhan dan memperkenalkan kepada para pengusaha Wisata Kuliner di Pesisi Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat tentang pentingnya aspek pemasaran suatu produk atau jasa. Salah satu yang penting dalam pemasaran jasa ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu layanan dari suatu produk. Mutu layanan, dalam bentuk; Bukti Langsung (Tangible), 2) Keandalan (Reliability), 3) Daya Tanggap (Responsiveness), ) Jaminan (Assurance), 5) Kepedulian/ Empati (Empathy), Disamping menawarkan konsep pengembangan mutu dan kepuasan konsumen diatas dalam pengembangan wisata kuliner perlu diperkenalkan konsep pemasaran yaitu Marketing Mix, Strategi bauran Pemasaran , ada 4 variabel yang biasa disebut 4 P, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat/Lokasi (Place) dan Promosi (Promotion)