Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari sampainya pesan yang diberikan oleh pendidik kepada penerima pesan yaitu peserta didik. Adanya media pembelajaran interaktif dapat mengembangkan berbagai gaya belajar siswa sesuai dengan keinginannya seperti siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual maupun kinestetik. Tujuan penelitian ini untuk membantu dan memudahkan siswa dalam kegiatan belajarnya, yaitu media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakteristik media interaktif yaitu self instructional, self contained, stand alone (berdiri sendiri), adaptif, user friendly, representasi, visualisasi, menggunakan variasi yang menarik dan kualitas resolusi yang tinggi, tipe-tipe pembelajaran yang bervariasi, respon pembelajaran dan penguatan pembelajaran interaktif; (2) unsur-unsur dalam mempertimbangkan pembelajaran berbasis interaktif yaitu: (a) dukungan komputer yang dinamis, (b) dukungan sosial yang dinamis, aktif dan interaktif, (c) keluasan, dan (d) power; (3) model pembelajaran media interaktif dapat menggunakan berbagai model yaitu, model tutorial, model drills, model simulasi, model instructional games.