Penerapan Advance Organizer Berbasis Video Beranimasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Melingkar

  • Yani Villa Lestari IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Adi Pramuda IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Eti Sukadi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: Advanced organizer, Video beranimasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembeajaran advance organizer berbasis video beranimasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar dikelas X SMA Negeri 2 Subah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes (pretest dan posttest). Populasi pada penelitian ini yaitu SMA Negeri 2 Subah. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Subah dengan jumlah 19 siswa. Sampel penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik pre-ekspermental. Teknik analisis data yaitu skala likert, statistik deskriptif, uji-T. Validasi para ahli diperoleh dengan nilai rata-rata skor kelayakan media sebesar 80% dengan kriteria sangat layak dan diperoleh nilai rata-rata skor kelayakan materi sebesar 89% dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 40,947%, rata-rata posttest sebesar 77,737%, dan perolehan nilai uji-T sebesar 1,688 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum diterapkan model Advance Organizer berbasis video beranimasi dengan sesudah diterapkan model Advance Organizer berbasis video beranimasi sehingga model pembelajaran advance organizer berbasis video beranimasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31
How to Cite
Lestari, Y. V., Pramuda, A., & Sukadi, E. (2022). Penerapan Advance Organizer Berbasis Video Beranimasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.1753
Section
Articles