EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

  • Advensius Fitalis Mauk Universitas Timor
  • Stanislaus Amsikan Universitas Timor
  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, dan Z kolmogorov-Smirnov

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment).  Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z kolmogorov-Smirnov dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada keefektifan pendekatan pembelajaran matematika realistik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Berdasarkan tabel output “Group Statistics†diketahui jumlah data kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 15 siswa dalam kelas control dan 15 siswa yang dilakukan secara konvensional. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa untuk kelompok eksperimen adalah 78,27 dan kelompok kontrol adalah 70,07. Penafsiran tabel output Independent Samples Test berpedoman pada nilai yang terdapat dalam tabel “Equal variances assusmedâ€. Berdasarkan tabel output “Independent Samples Test†pada bagian “Equal variances assumed†diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fauziah, D.S.M, & Zulfiati, H.M. (2020) peran guru dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial kelas iv sdn pendemsari sleman. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 6, Nomor 2, Januari 2020, hlm.850-855.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. JIPPSD, Vol. 1 Nomor 2, 34-42.

Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute. http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat 0604957_chapter2.pdf

Hidayat, E. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunaka Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Sekolah Pasca sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ifamuyiwa, A. S dan Ajilogba, S. I. (2012). A Problem Solving Model as A Strategy for Improving Secondary School Students’ Achievement and Retention in Further Mathematics. ARPN Journal of Science and Technology, 2(2): 122-130.

Nila, K. (2009). “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp melalui pendekatan pendidikan matematika realistik.†In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009, 484–93. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/7049/.

Noor, N. A., & Muslimah, M. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENGURANGAN BILANGAN CACAH. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 93-100.

Nurtamam, M. E. (2016). Keefektifan Pembelajaran Langsung Dengan Laboratorium Mini Untuk Materi Jajargenjang Di Kelas IV SDN Bancaran 1. Widyagogik, Vol. 3 No. 2 Januari-Juni 2016

O'Connel S., Bamberger J. H. dan Oberdorf C. (2007). Introduction to Connection, Grade 3-5. The Math Process Standars Series. Portsmouth: Heinemann.

Uskono, I. V., Djong, K. D., & Leton, S. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 138-144.

Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME) di Jurusan FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.

Son, A. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Model CORE dengan Realistic Mathematics Education (Suatu Penelitian Ditinjau dari Gaya Kognitif) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sullivan, R. L. dan Mclntosh, N. (2001). Delivering Efectice Lectures. Baltimore Maryland: JHIEGO Coorporation.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian. IKIP Bandung: Tidak Dipublikasikan.

Wicaksono. S., Ferdianto. J., dan Suprato. E. (2011). Desain Penelitian menggunakan Quasi Experiment. Malang: Unver sitas Negeri Malang

Wijaya. A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published
2021-08-21
How to Cite
Mauk, A., Amsikan, S., & Deda, Y. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(1), 14-20. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp14-20