ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

  • Margaretha E Kefi Universitas Timor
  • Hermina Disnawati Universitas Timor
  • Sulasri Suddin Universitas Timor
Keywords: certainty of response, bentuk kesulitan siswa, relasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal relasi berdasarkan kriteria Certainty of Response Index (CRI) yaitu siswa yang tidak paham konsep (lucky guess), tidak paham konsep (a lack of knowlegde) dan miskonsepsi. Penelitian diskriptif kualitatif ini menggunakan metode tes dan wawancara untuk memperoleh data bentuk kesulitan, siswa sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang telah mempelajari materi relasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sesuai kriteria CRI, tentang paham konsep lucky guess terdapat 11 kesulitan, terdapat 10 kesulitan pada bentuk paham konsep namun menebak dan tentang miskonsepsi terdapat 14 jenis kesulitan. Jenis kesulitan dalam memahami prinsip, kriteria CRI paham konsep (lucky guess) terdapat 9 kesulitan, pada kriteria paham konsep namun menebak (a lack of knowlegde) terdapat 9 kesulitan dan kategori miskonsepsi terdapat 18 kesulitan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar Sjarif (1990). Pengantar Dasar Matematika. Fakultas MIPA, ITB. Bandung.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan MenyelesaikanSoal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelam VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70.

Febrini, (2017). Psikologi Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (CRI). Physics education, 34(5), 294-299.

Hutami, D. P. N. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Certainty of Response Index (Cri) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif.

Lithner, J. (2011). University Mathematics Students’ Learning Difficulties. Education Inquiry. Vol 2 (2): 289-303.

Nurjana, S & Sujadi, A.A (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear pada Siswa Kelas X TKJ Smk Piri 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnpmatnesia.

Sari, & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta AL-Washliyah Medan. Education Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1).

Subini, N.D (2012). Psikologi Pendidikan Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sugiyono, (2015), Buku Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabate Bandung

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika, Yogyakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tayubi, yuyu. R (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI).

Wafiyah, N. (2012). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dan Faktor-Faktor Penyebab Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi Di Sma Negeri 1 Manyar. Gamatika. II (2): 128-138

Wigati Tri Utami. (2012). Jurnal Skripsi Identifikasi Kesulitan dalam menyelesaikan Persoalan Matematika yang berkaitan dengan Pecahan di kelas VIII SMP N 3 Ngaglik Sleman tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnogrphy). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 9(1): 2123

Published
2021-08-22
How to Cite
Kefi, M., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(1), 21-26. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp21-26