ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan menyajikan kembali notasi, simbol, tabel, gambar, grafik, diagram, persamaan atau ekspresi matematis lainnya ke dalam bentuk lain yang dimiliki oleh peserta didik dalam upaya mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, hendaknya guru memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan representasi matematis sebagai bagian yang penting dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada kenyataannya kemampuan representasi matematis pada peserta didik masih saja rendah. Peserta didik masih sukar dalam menyelesaikan masalah matematik yang berkaitan pada aspek indikator verbal, indikator gambar, dan indiator simbol, hal ini bisa ditemukan pada materi program linear. Selain itu, materi program linear pun seringkali dianggap sebagai materi yang sulit oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik meliputi representasi simbol, representasi gambar, representasi verbal pada materi program linear di kelas XI SMA Negeri 3 Ambon. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi (mixed methods). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Ambon dengan jumlah subjek penelitian 36 orang dari kelas XI MIPA 4 dan subjek yang dipilih untuk diwawancarai yaitu berdasarkan hasil tes kemampuan representasi matematis. Dari hasil tes kemampuan representasi matematis pada materi program linear, peserta didik dikelompokan berdasarkan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Diambil subjek yang diwawancarai yaitu 1 peserta didik dengan kategori sangat tinggi, 1 peserta didik dengan kategori rendah, dan 1 peserta didik dengan kategori sangat rendah. Materi program linear diberikan untuk melihat kemampuan representasi matematis peserta didik. Persentase terbesar hasil tes peserta didik berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik pada representasi simbol lebih tinggi dari representasi gambar dan representasi verbal. Sedangkan dari ketiga subjek yang diwawancarai ditemukan bahwa subjek cenderung memenuhi indikator kemampuan representasi simbol dibandingkan indikator kemampuan representasi gambar dan representasi verbal