Hubungan Keterampilan Bertanya Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Dasan Baru Tahun Ajaran 2021/2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 dasan Baru Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian in yaitu siswa kelas V  SDN 1 Dasan Baru sejumlah 61 Siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling sehingga peneliti menggunakan 30 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 16. Pendeskripsian tingkat keterampilan bertanya guru dan motivasi belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan untuk uji hipotesis penelitian dianalisis menggunakan rumus Perason Product Moment dengan bantuan SPSS versi 16. Nilai rhitung sebesar 0,669 kemudian besar rtabel 0,361 dalam taraf signifikansi 5% yang artinya ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya guru dengan motivasi belajar siswa kelas V. Berdasarkan pedoman interpretasi terhadap koefisien Sugiyono (2018: 257) nilai rhitung sebesar 0,669 berada pada interval 0,60-0779 menunjukan hubungan yang kuat.