Analisis Kaidah Kebahasaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 1 Sandik Tahun Pelajaran 2020/2021

Abstract

Dalam kurikulum 2013, terdapat paradigma penetapan aspek kebahasaan yang menjadi basis materi pelajaran yakni teks (pembelajaran berbasis teks) yang juga telah disesuaikan dengan rambu-rambu kurikulum 2013 pengembangan empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dibandingkan dengan keterampilan lainnya, keterampilan menulis cenderung lebih sulit untuk dikuasai. Dalam penelitian kali ini difokuskan pada kaidah kebahasaan dalam teks deskripsi siswa kelas IV. Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi sendiri tidak diajarkan dengan jelas oleh guru dikarenakan guru hanya berpaku dengan silabus yang ada. Hal ini yang kemudian menyebabkan masih banyak siswa yang menulis teks deskripsi belum sesuai kaidah kebahasaannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan kaidah kebahasaan pada teks deskripsi karya siswa kelas IV SDN 1 Sandik tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni purposive sampling dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan model miles and huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa belum mampu menuliskan teks deskripsi sesuai dengan kaidah kebahasaannya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persentase penggunaan kaidah kebahasaan pada teks deskripsi yakni 28,7% dan masuk ke dalam kategori kurang.