Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) Terhadap Hasil Belajar PKN SISWA Kelas IV SD Inpres Lewintana Tahun Ajaran 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Inpres Lewintana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen Tipe Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Lewintana, sedangkan sampel adalah siswa kelas IVb SD Inpres Lewintana sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVa SD Inpres Lewintana sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan homogenitas selanjutnya uji hipotesis penelitian. Hasil uji normalitas serta homogenitas yang dilakukan diperoleh data yang menyatakan bahwa data tersebut berdistribusi normal serta memiliki varian yang homogen sehingga dapat dilakukan uji hipotesis. Hasil uji t diperoleh nilai sig. 2 tailed sebesar 0,019 yang kurang dari 0,05 yang berarti Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Inpres Lewintana Tahun Ajaran 2021/2022.