Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi

Abstract

Pendidikan adalah faktor yang dapat disajikan sebagai jaminan bagi pengembangan sumber daya manusia, sehingga diharapkan manusia mampu menghadapi tantangan globalisasi. Sebagai agen perubahan sosial, optimalisasi pendidikan yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi melalui proses pembelajaran atau strategi lain yang dikenal oleh khalayak masyarakat dan berlandaskan ajaran agama harus selalu ditingkatkan perannnya secara dinamis dan proaktif seperti yang tampak sekarang ini. Hal ini akan cederung memposisikan pendidikan sebagai sebuah misi dalam menyelesaikan dialektika permasalahan pendidikan dalam era globalisasi ini. Baik permasalahan yang berada dalam tataran intelektual, teoritis dan praktis. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi dan memahami permasalahan – permasalahan pendidikan Islam di era globalisasi dan bagaiamana seharusnya pendidikan Islam menyikapi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan menghimpun data dari tulisan-tulisan (literasi) yang mempunyai kaitan dengan topik yang dibahas. pembaharuan konsep dan fungsi pendidikan Islam harus lebih diperkuat lagi dengan landasan – landasan yang kuat. Dari penelitian ini didapat beberapa tantangan yang muncul ialah kebodohan, kebobrokan moral, dan hilangnya karakter muslim dalam diri setiap umat Islam khususnya, diantaranya adalah dengan melakukan inovasi dan internalisasi transformatik pondok pesantren.