Penerapan Nilai-Nilai Agama Untuk Meningkatkan Moral Agama Islam Anak Usia Dini Di Pos Paud Kamboja 69 Kabupaten Jember

  • Anita Fitriya Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Khoiriyah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

ABSTRAK Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik. Dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spiritual) motorik, akal pikir, emosional, dan sosial yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan optimal.  Penerapan nilai-nilai agama di laksanakan dengan tujuan meningkatkan moralitas anak pada masa pertumbuhannya. Hal tersebut dilakukan untuk mencetak anak-anak yang cerdas dan berakhlakul karimah. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi  penerapan nilai-nilai agama untuk meningkatkan  moral agama Islamanak usia dini di Pos PAUD Kamboja 69 Desa Pocangan Kec. Sukowono Kab. Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti cara yang di kemukakan oleh Patton yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa;  strategi penerapan nilai-nilai agama untuk meningkatkan moral Agama Islam anak usia dini di Pos PAUD Kamboja 69 dilaksanakan dengan menggunakan metode pemberian materi doa sehari-hari, praktek cara ibadah, pembelajaran diluar kelas seperti belajar memafkan dan belajar berterima kasih. Kata Kunci: Nilai-Nilai Agama, Moral Agama, dan  Anak Usia Dini  
Published
2022-01-24
How to Cite
Fitriya, A., & Khoiriyah. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama Untuk Meningkatkan Moral Agama Islam Anak Usia Dini Di Pos Paud Kamboja 69 Kabupaten Jember. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3), 753-764. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.19.3.753-764
Section
Articles