Ajaran Moderatisme Beragama pada Tradisi Ngunjeng Tandhe

  • Zaitur Rahem Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk Guluk Sumenep
Keywords: Tradisi Ngunjeng Tandhe’, Moderasi

Abstract

Konsep moderasi agama dalam sejumlah kajian keilmuan selama ini dijabarkan diantaranya berupa cinta kasih antar sesama, harmoni, keseimbangan, keadilan, dan potensi moderasi lainnya. Kerukunan umat beragama di kabupaten Sumenep sudah sejak lama terjalin. Hubungan baik antar pemeluk agama yang satu dengan lainnya erat dan kuat. Bahkan kedekatan keeratan tersebut berefek terhadap kesadaran masyarakat Madura untuk luwes dalam mengawinkan kebudyaan dan praktik agama. Salah satunya, masyarakat di kabupaten Sumenep memadukan budya lokal dalam miniature praktik yang sarat dengan ajaran agama Islam. Seperti kebiasaan ngunjeng tandhe’ pada hari pernikahan. Adapun fokus penelitian ini adalah : pertama, sejak kapan kebiasan tandhe’ menjadi bagian integeral dari praktik ajaran beragama masyarakat kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur. Kedua, Apa yang melatarbelakangi masyarakat di Kabupaten Sumenep ngunjeng tandhe’ sebagai hiburan dalam walimatu al-Ursy? Ketiga, seperti apa wujud ajaran pendidikan antiradikalisme pada budaya ngunjeng tandhe’ dan pertautan agama Islam dengan budaya lokal kabupaten Sumenep? Keempat, apa dampak positif pergelutan agama dengan budaya lokal terhadap kehidupan beragama masyarakat dalam konteks masyarakat lokal kabupaten Sumenep Madura? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek yang diteliti adalah tradisi ngunjeng tandhe’ yang dilaksanakan sejumlah warga di kabupaten Sumenep Madura. Penulis mengumpulkan data melalui studi dokumentasi, interview dan observasi. Data yang dikumpulkan penulis analisis secara baik dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, Ayyuha al-Walad (Surabaya: Al-Hidayah, tt)

_________, Ihya’ Ulumuddin, (Surabaya: Al-Hidayah, tt)

Al-Bantani, Syekh Nawawi. 2015. Mengaji Nashaihul Ibad. Jakarta: Zaman.

Arifin, 2003. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Abdullah (Ed.), Taufiq. 1991.Sejarah Umat Islam Indonesia, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.

Abazhah, Nizar.2014. Sahabat Muhammad, Jakarta: Zaman.

Al-Hasyimi, Sayyid Ahmad, 1948. Mukhtaru al-Ahadis al-Nabawiyah, Surabaya: Al-Hidayah.

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodelogi penelitian Kualitatif, (Bandung:CV. Pustaka Setia.

Asrohah,Hanun, 2001. Sejarah Pendidikan Islam, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekataan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Adelia Fitri, Zubaedi, Fatrica Syafri. 2020. Parenting Islami Dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini, Journal Of Early Childhood Islamic Education: Al-Fitrah.

Afrizal Nur dan Mukhlis Lubis. Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrîr Wa At-Tanwîr Dan Aisar At-Tafâsîr). Jurnal: An-Nur, Vol. 4 No. 2, 2015

Amar, Abu. 2018. Pendidikan Islam Wasathiyah Ke Indonesia-an. Jurnal Studi

KeIslaman “Al-Insyiroh”, Volume 2, No.2

Amin, Abd. Rauf Muhammad. 2014. Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam. Makasar: Jurnal Al-Qur‘an.

Arif, Khairan Muhammad. 2020. Isl am Moderasi: Tela‟ah Komprehensif Pemikiran Wasathiyyah Islam, pespektif Al-Qur‟an dan As Sunnah, Menuju Islam Rahmatan Li Al-Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Ash-Shallabi, Ali Muammad. 2020. Wasathiyah Dalam Al-Qur‟an Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Akidah, Syariat, dan Akhlak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Basri, Hasan.2009. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Bahri, Husnul. 2019. Pendidikan Karakter Islam Anak Usia Dini Peletak Dasar Pendidikan Karakter. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Burhani, Ahmad Najib. 2016. Muhammadiyah Berkemajuan. Bandung: Mizan.

CBE, Azyumardi Azra. 2020. Moderasi Islam Di Indonesia Dari Ajaran,Ibadah, hingga Prilak. Jakarta: Kencana..

Dahlia. 2018. Psikologi Perkembnagan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmadji, Ahmad. 2011. Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di

Indonesia. Jurnal Millah. Vol. 11, No. 1.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. 2015. Penulisan Skripsi. Bengkulu: FTT IAIN Bengkulu

Efendi, Djohan. 2010. Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi. Jakarta : Kompas Media Nusantara.

Faiqah, N., & Pransiska, T. 2018. Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Al-Fikra.

Hossein Nasr, Sayyed.2003. dalam Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, (Buku Pertama), Bandung: Mizan.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Liberary Research)Kajian Filosofis, Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi).

Malang: Literasi Nusantara

Hasnida. 2014. Analisis kebutuhan anak usia dini. Jakarta: luxima.

Kamali, 2013. Mohammad Hashim, Membumikan Syariah Islam; Pergulatan Mengaktualkan Islam. Bandung: Bandung.

Kontjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri: Pustaka.

Kadir, Abdul.2005. Rahasia Tipe-Tipe Kepribadian Anak.Yogyakarta: Diva Press.

Marmura. Al-Ghazali The Incoherence of the Philosophers (2nd edition). Printing Press, Brigham, tt.

Menzies, Allan. 2014. Sejarah Agama-Agama. Yogyakarta: Foru.

Misrawi, Zuhairi.2010. Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Mannoni, 1984. O. Freud, Trans. R. Bruce. New York: Pantheon.

_________, 1991. Konsep Pendidikan Islam. Solo: Ramadhani.

Muhajir, K.H Afifudin, 2018. Membangn Nalar Islam Moderat (Kajian Metodologi. Jawa Timur: Tawirul Afkar.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Muchtar, Heri Jauhari. 2005. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Mussafa, Rizal Ahyar. 2018. Konsep Nilai-Nilai Moderasi Dalam Al-Qur‘an Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Analisis Al-Qur‘an Surat Al-Baqarah 143). (Semarang: UIN Walisongo

Mursid. 2009. Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini, Sebuah harapan Masyarakat. Semarang: Akfi Media.

Nasih Ulwan, Abdullah. 2007. Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani.

Nata, Abuddin. 2010. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Nisa‘, Khoirul Madawinun. 2018. Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Living Values Education (LVE). Jurnal: AnCoM.

Nungtjik, Winda B. 2016. Mndongeng Untuk Anak Usia Dini Optimalkan Kecerdasan Anak. Tanggrang Selatan: Aska Pustaka Edukasi.

Rofi, Utsmani, Ahmad. 2006. Al-Ghazali sang Sufi, Sang Filsof, Bandung: Pustaka.

Rozi, S. 20017. Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia.. Jakarta: Gramedia.

Rais, M. A. 1991. Cakraawala Islam. Bandung: Mizan.

Sharif, M.M., A History of Muslim Philosophy, Wiesbaden: otto Harassowitz.

Shaleh Tahmid, Aunur Rafiq. 2002. Mensucikan Jiwa, Jakarta Timur: Robbani Press.

Shihab, Alwi. 2018. Islam & Kebhinnekaan. Jakarta: Gramedia.

Syah, Muhibbin .2015.Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sardiman, A.M, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Persada.

Sudjono, Anas. 2008. Teknik Evaluasi Pendidikan Suatu Pengantar. Yogyakarta: UD Rama.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, R dan D. Jakarta: Alfabeta.

Subagyo, P. Joko. 2014. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Saifuddin, Lukman Hakim. 2019. Moderasi Beragama, (Jakarta: Kementrian

Agama RI,

Shibab, M. Quraish. 2020. Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragam. Tanggerang: Lentera Hati.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Babun. 2019. Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: Lkis

Suyadi, Maulindah Ulfah, 2015. Konsef Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakrta: Kencana.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syafrudin, 2009. Paradigma Tafsir Tekstual Dan Kontekstual (Usaha Memaknai Kembali Pesan Al-Qur’an). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tholhatul Choir, Ahwan Fanani, dkk, 2009. Islam Dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar, Nasaruddin. 2019. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem pendidikan Nasional, Pasal 6, ayat

(3)

Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Yakub,1983. Ihya Al-Ghazali, Jakarta: Faizan.

Zaini.2010. Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini: Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Dalam Pluralisme Beragama Pada Pendidikan Anak

Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Tulungagung Tahun, Tulungagung: Jurnal Pendidikan.

Zed, Mustika. 2018. metode penelitian kepustakaan. Jakarta: yayasan obor.

Zainudin, 2009. Seluk-beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal dan Kamus

Alif Cahya Setiyadi, “Pendidikan Islam Dalam Lingkaran Globalisasi”, Jurnal University of Darussalam Gontor vol. 7, No. 2, Oktober 2019

Tim Penyusun Pedoman Penelitian Karya Ilmiah Pascasarjana IAIN Madura. 20015. Pedoman Penulisan Makalah, Artikel, dan Laporan penelitian. Pamekasan: IAIN Madura.

Website

http://etheses.uin-malang.ac.id/6109/1/14771005.pdf, diakses pada 28 Pebruari 2021

http://digilib.uinsby.ac.id/21947/ diakses pada 28 Pebruari 2021

http://digilib.uinsby.ac.id/14564/ diakses pada 28 Pebruari 2021

Published
2022-04-15
How to Cite
Rahem, Z. (2022). Ajaran Moderatisme Beragama pada Tradisi Ngunjeng Tandhe. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 535-554. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.336