Etika Pendidikan Islam Berbasis Moderasi Beragama di Era Digital

  • Jasminto Jasminto Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Keywords: Pendidikan, Moderasi Beragama, Etika, Aristotelian

Abstract

Pendidikan di masa pandemi covid-19 menghadirkan serangkaian tantangan dan tuntutan secara etis di ruang online. Aktivitas online semakin merasuki kehidupan praktis di semua lini kehidupan manusia. Indikasi peningkatan aktivitas ini menunjukkan peningkatan signifikan, meskipun demikian para ahli teknologi digital mengakui bahwa efek yang tepat dari teknologi yang muncul di masa depan tidak pasti dan tetap tidak diketahui. Ruang informasi yang semakin terbuka juga menghadirkan fanatisme pendapat pada masing-masing kelompok dan golongan sehingga menghadirkan perdebatan yang seringkali mengabaikan etika. Perilaku beragama pun terpengaruh melalui komunikasi online yang menembus batas lokalitas budaya dan agama, sehingga dibutuhkan filter pengetahuan dan etik berbasis moderasi untuk mengontrol hal tersebut. Urgensi moderasi beragama sebagai kontrol etik adalah untuk menjamin kerukunan dan kesatuan sebuah bangsa di tengah keragaman yang semakin tampak di era digital. Sehingga pendidikan yang diarahkan pada penanaman perilaku kebajikan di dunia maya memberikan peluang terbaik dalam menciptakan kosakata moral yang dapat membimbing masyarakat menuju kehidupan yang baik di abad ke-21. Tujuan artikel ini adalah menawarkan garis besar dari model pendidikan Islam yang didasarkan pada teori neo-Aristotelian. Sebuah tawaran berbasis etika yang menggambarkan bagaimana kualitas moderasi beragama dapat dikembangkan melalui pendidikan moral.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin, Bunyamin. “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBN MISKAWAIH DAN ARISTOTELES (STUDI KOMPARATIF).” Jurnal Pendidikan Islam, no. Vol. 9 No. 2 (2018) (2018): 127–142. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/2707/767.

Huda, Miftachul, and Mulyadhi Kartanegara. “Distinctive Feature of Al-Zarnūjī’s Ideas: A Philosophical Inquiry into the Book Ta’līm Al-Muta’allim.” America International Journal of Contemporary Research 5, no. 2 (2015): 171–177.

Mujizatullah, Mujizatullah. “Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone.” PUSAKA, no. Vol 9 No 2 (2021): Pusaka Jurnal (2021): 231–250. https://blamakassar.e-journal.id/pusaka/article/view/526/340.

Nirwana, Aditya. “VIRTUALITAS GAME DALAM PANDANGAN FILSAFAT TEKNOLOGI DON IHDE.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, no. Vol 7 No 2 (2013): Volume 7 Nomor 2 (8) (2013): 76–88. https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/135/108.

Nuswantoro Dwi Warno Harol Agusto Manurung*, Joko Setiyono. “ANALISIS YURIDIS KEJAHATAN PORNOGRAFI (CYBERPORN) SEBAGAI KEJAHATAN TRANSNASIONAL.” Diponegoro Law Journal, no. Vol 5, No 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016 (2016): 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/article/view/12167/11818.

Ohoitimur, Johanis. “Etika Keutamaan Dalam Arah Pendidikan Indonesia Kontemporer.” Respons: Jurnal Etika Sosial, no. Volume 21, Nomor 02, Tahun 2016 (2016). http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/ppe/article/view/901/723.

profesi-unm.com. “Cyberbullying: Racun Social Media Di Indonesia.” Https://Profesi-Unm.Com/. Last modified 2021. Accessed March 24, 2022. https://profesi-unm.com/2021/11/29/cyberbullying-racun-social-media-di-indonesia/.

Rustandi Khoiruddin, Ridwan; Muchtar. “Analisis Framing Kontra Narasi Terorisme Dan Radikalisme Di Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun @dutadamaijabar).” KOMUNIKATIF, no. Vol 9, No 2 (2020) (2020): 134–153. http://jurnal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2698/pdf.

Sholeh Untung Joko, Muhammad; Basuki. “PEMAHAMAN REMAJA MASJID AL AMAN KERSEN BANTUL PADA PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SECARA SEHAT DAN CERDAS.” Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, no. Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstormin (2018): 111–118. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/downloadSuppFile/957/422.

smkpgri1bogor_official. “Dunia Pendidikan Dalam Revolusi Industri 5.0.” Http://Www.Smkpgri1kotabogor.Sch.Id/. Last modified 2021. Accessed March 24, 2022. http://www.smkpgri1kotabogor.sch.id/berita/detail/dunia-pendidikan-dalam-revolusi-industri-50.

Suciati, Suciati. “INTEGRASI NILAI-NILAI ETIKA DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER GENERASI ERA DIGITAL ABAD 21.” Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, no. Vol 1 No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ (2018): 11–19. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/117/35.

Tinus M Mansur; Rahmandani, Fahdian, Agus; Ibrahim. “ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) TERHADAP KEPRIBADIAN DAN KARAKTER (KEKAR) PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 MALANG.” Jurnal Civic Hukum, no. Vol 3, No 1 (2018): Mei 2018 (2018): 18–44. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/7726.

Ufran, Ufran. “KEBIJAKAN ANTISIPATIF HUKUM PIDANA UNTUK PENANGGULANGAN CYBERTERRORISM.” Masalah-Masalah Hukum, no. Vol 43, No 4 (2014): Masalah-Masalah Hukum (2014): 529–537. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/view/11083/9637.

Umar Feiby; Syawie, Nizma, Mardan; Ismail. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, no. Vol. 19 No. 1 (2021): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan (2021): 101–111. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/798/pdf.

Yuni Sugiarti, Yuni Sugiarti. “PERANAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK.” Jurnal TEKNODIK, no. Jurnal Teknodik Vol. 15 No. 2, Desember 2011 (2011): Hal. 145-154. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/97.

Published
2022-04-15
How to Cite
Jasminto, J. (2022). Etika Pendidikan Islam Berbasis Moderasi Beragama di Era Digital. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 121-135. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.404