Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Qori’in Jember

Authors

  • Nuzzulul ulum Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpka.v7i1.1067

Abstract

Salah satu yang menjadi kendala dalam penguasaan bahasa arab adalah minimnya penguasaan kosakata bahasa arab siswa yang disebabkan kurangnya media dan perhatian serta rasa antusias siswa terhadap materi pelajaran.flash card merupakan media dalam bentuk kartu permainan yang berisi gambar-gambar serta tulisan kata dari gambar tersebut.Gambar serta kata merupakan kata-kata yang paling dikenal dan dekat dengan lingkungannya.

Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Qori’in Ajung Jember. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti, terlibat secara penuh dalam perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada tiap-tiap siklusnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media flash card meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab siswa yang terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dalam pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas ulangan harian pra siklus yaitu 22 %. Sedangkan pada siklus 1 nilai rata-rata kelas 55 %, dan pada siklus ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas 89 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab bagi siswa.

Kata Kunci: flash card, kosa kata bahasa arab.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

ulum, N. (2021). Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Qori’in Jember. JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA, 7(1), 31–43. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i1.1067

Issue

Section

Articles