Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Menuju Program Adiwiyata di SMP Plus Nurul Wafa

Authors

  • Anis Rofi Hidayah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpka.v7i1.1079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 2. Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat rumusan masalah yang diantaranya : 1. Bagaimana perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 3. Bagaimana evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode : jenis penelitian field research, pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Adiwiyata yang di Implementasikan di SMP Plus Nurul Wafa dalam perencanaan yang dilakukakan guru PAI harus menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota dan Prosem, sebagai langkah awal sekolah menyiapkan 5P, pengelolaan sampah, penghijauan, pengendalian pencemaran, perubahan iklim, partisipasi aktif. Sedangkan dalam pelaksanaan program guru PAI mengikuti program yang sudah direncanakan oleh sekolah dalam pelaksanaan 5P. Untuk evaluasi, sekolah dan dewan guru lebih menitik beratkan terhadap capaian dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Kata Kunci: Pendidikan, Agama, Program Adiwiyata

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Hidayah, A. R. . (2021). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Menuju Program Adiwiyata di SMP Plus Nurul Wafa. JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i1.1079

Issue

Section

Articles