Manajemen Bidang Pendidikan Bagi Siswa Gifted di MAN 4 Ngawi

Abstract

Kelas Khusus Bidang studi ini dibentuk dalam meningkatkan pendidikan Siswa Gifted. Oleh sebab itu dari berbagai pertimbangan sasarannya adalah kelas XI, karena guru telah mengetahui kemampuan atau prestasi siswa yang di identifikasi berbakat sejak mereka duduk di kelas X. Meskipun demikian, tidak semua siswa kelas XI dapat bergabung dalam Kelas Khusus Bidang Studi tersebut. Yang bergabung dalam Kelas Khusus Bidang Studi tersebut adalah terdiri dari siswa kelas XI Jurusan IPA dan IPS dan sebagian besar siswa mendapat peringkat 1 samapi 10 di dalam kelasnya. Siswa tersebut di dalam kelas tergolong siswa yang cerdas, trampil, dan aktif. Pada kelas XI Otomotif tidak bisa bergabung dalam Kelas Khusus Bidang Studi tersebut dikarenakan mereka telah disibukkan dengan adanya praktek-praktek di luar jam pelajaran. Sedangkan kelas X masih terlalu dini karena baru masuk di MAN 4 Ngrambe Ngawi, jadi guru belum bisa mengidentifikasi kemampuan atau prestasi anak. Sedangkan kelas XII tidak bisa bergabung dalam Kelas Khusus Bidang Studi tersebut karena persiapan untuk Ujian. Proses penilaian atau evaluasi yang dilakukan di MAN 4 Ngrambe Ngawi terhadap siswa berbakat adalah sebagai upaya untuk mengetahui sejauhmana program-program sekolah yang telah direncanakan. Di samping itu evaluasi program tersebut juga dalam rangka mendapatkan masukan, Rentetan pelaksanaan serta hasil yang ada di Madrasah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian Manajemen Bidang Pendidikan bagi Siswa Gifted di MAN 4 Ngawi meliputi perencanaan kesiswaan, perencanaan kurikulum, perencanaan tenaga pengajar, serta perencanaan sarana dan prasarana