Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Kegiatan Kultum

Muhammad Aswar Yanas

Abstract


Masalah Kedisiplinan adalah masalah mendasar yang perlu menjadi perhatian serius dalam membentuk kepribadian seseorang. Apabila masalah kedisiplinan ini terabaikan, maka tidak heran akan menimbulkan kekacauan sosial seperti pelanggaran tata tertib atau kepribadian yang melakukan tindakan semaunya. Sikap disiplin sendiri merupakan indikator keberhasilan suatu negara dan penentu lembaga pendidikan yang berkualitas. Indonesia sendiri menempati posisi ke-111 dari 175 negara sampel yang ada berdasarkan penelitian PERC. Lembaga pendidikan formal belum bisa menjamin terbentuknya karakter disiplin yang dibuktikan dengan pendidikan agama khususnya pendidikan karakter yang jarang diterapkan di lembaga pendidikan khususnya pada sekolah umum.Oleh karena itu perlu adanya upaya serta kontribusi dari semua pihak khususnya pada kesadaran individu dan peran dari lembaga pendidikan diluar pendidikan Formal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an untuk membentuk karakter disiplin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menyajikan fenomena hasil temuan yang disajikan secara naratif dengan fokus masalah proses pembentukan karakter disiplin santri melalui kegiatan kultum di TPA Nur Alamsyah AT-Tarbiyah Desa Kabba Kabupaten Pangkep dan implikasi pembentukan karakter disiplin santri melalui kegiatan kultum di TPA Nur Alamsyah AT-Tarbiyah Desa Kabba Kabupaten Pangkep. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah proses pembentukan karakter melalui 4 tahapan yaitu pengenalan dan motivasi, penerapan, penguatan dan pembudayaan. Implikasi pembentukan karakter melalui kegiatan kultum ada empat yaitu disiplin tanggungjawab, disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin menaati aturan.


Keywords


Pembentukan Karakter, Disiplin, Kultum Santri

Full Text:

PDF

References


Angraeni, d. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Phunisment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undikhsa.

Arikunto, S. ( 2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayatullah. (2020). Pendidikan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Dakwah.

Aziz, K. (2021). Kapita Selekta Pendidikan. Riau: Dotplus Publisher.

Gafur, M. d. (2018). Strategi Pembentukan Sikap Disiplin Warga Negara Muda Melalui Persekolahan . Jurnal Publikasi Pendidikan .

Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Budaya.

Karim, C. I. (2012). Pembinaan dan Pengembangan TK AL-Qur'an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI). Jakarta: DPP BKPMI.

Khoiron, A. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Penerbit LPSP.

Khusnurridlo, M. S. ( 2012). Manajemen Pesantren dalam Perspektif Global. Yogyakarta: Laksbang Press.

Kisby, L. J. (2019). The Rise of Character Education in Britain, Palgrave Studies in Young People and Politics. London: Palgrave Macmillan.

Kurniawati. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Melalui Metode Reward and Phunisment Pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran.

Lisa Retnasari, d. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma.

Maleong, I. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maruli, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan terhadap Motivasi Kerja. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Melati, d. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 362-372.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Rahardjo, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora dari Teori ke Praktik. Malang: Republik Media.

Rusdiana, B. S. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Cetakan ke-1. Bandung: CV Pustaka Setia.

Samsinar. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology Edition 5. New York: McGraw Hill.

Tu'u, T. (2012). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Wahab. (2012). Tujuan Penerapan Program. Jakarta: Bulan Bintang.

Yasmin, d. (2016). Hubungan Disiplin dengan Tanggungjawab Kerja. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.




DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i1.7325

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tarlim: Islamic religious education journal, published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957 Email : jurnaltarlim.pai@unmuhjember.ac.id ISSN : 2615-7225 (Print) and 2621-847X: (Online)
 
INDEX Jurnal :
Google ScholarMorarefCrossrefPortal Garuda RistekdiktiPKP INDEX, AKREDITASI SINTA 5Dimensions
 
 
View My Stats