Diferensiasi Peserta Didik dalam Kebersamaan di Kelas Inklusif (Sekolah Garasi Turen Malang)

  • Muhammad Husni Institut Agama Islam Al-Qolam Malang
Keywords: diferensiasi peserta didik, kebersamaan, kelas inklusif

Abstract

Anak ABK belajar dalam rombel kelas khusus bagi mereka. Bagi anak yang telah memiliki perkembangan kemampuan kemandirian dan sosial maka anak diikutkan dalam kelas gabungan dengan guru yang disukainya. Dalam kelas gabungan ini, guru selain membina anak-anak yang lain dengan kurikulum yang ditetapkan, juga mendidik, melayani dan mendampingi anak ABK yang ikut, dengan Peogram Pembelajaran Individual yang dibuat oleh Guru Pendamping Khusus. Selain itu, dalam pembelajaran yang bersfat rekreatif, seperti olahraga, belajar di luar sekolah, pembelajaran digabung, anak-anak ABK melebur dengan anak yang lain.Saat ini Sekolah Garasi sedang melayani pembelajaran anak-anak ABK yang memiliki kesulitan belajar 11 anak dan anak-anak cerdas 24 anak. Dengan tujuan Bagaimana Kemampuan Guru Mengajar ABK di MI Amanah atau Sekolah Garasi Turen Malang. Dengan menggunakan pendekatan Kondensasi data, penyajian data dan Ferifikasi.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Husni, Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

References

Hollas. 2005. Differentiating Instruction in a whole Group Setting. USA: Crystal Springs Books.

McLeskey, James & Waldron, Nancy L. 2000. Inclusive Schools in Action. Alexandria: ASCD.

Miles, Metthew B, A, et al. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Thitd Edition. United States of America: Sage Publications, Inc.

Moeleong, Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Ketiga Puluh. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Reni Akbar-Hawadi. 2004. Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Salim, Abdul. Munawir Yusuf. 2009. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sekolah_Madrasah yang telah Menyusun Kurikulum Diferensiasi _ Asosiasi CI+BI Nasional (www.google.com), diunduh pada 09 Maret 2018.

Wafi, Abd. Karakteristik Kurikulum Diferensiasi (Analisis Konseptual Pengembangan Kurikulum Diferensiasi pada Tingkat Madrasah), (dikutip dari majalah edukasi).

Yusuf, Munawir. 2014. Evaluasi Diri Sekolah Inklusi: Panduan bagi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Solo: Tiga Serangkai.

Published
2018-04-22
How to Cite
Husni, M. (2018). Diferensiasi Peserta Didik dalam Kebersamaan di Kelas Inklusif (Sekolah Garasi Turen Malang). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 1), 479-488. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 1.151