Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Aset di SMK Ma'arif 9 Kebumen

Keywords: Manajemen, Aset, Komite Sekolah

Abstract

SMK Ma’arif 9 Kebumen sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan yang disiplin dalam pengembangan kualitas dan kuantitas pendidikan juga tidak lepas dalam pengelolaan aset. SMK yang berpayung hukum di Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama di Kabupaten Kebumen ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas tahun saja untuk menjadi sekolah yang maju dan unggul. Keberhasilan SMK Ma’arif 9 Kebumen dalam hal output atau kompetensi lulusan membuktikan bahwa sekolah ini merupakan sekolah yang baik dalam proses pengelolaannya. Ia tidak sebatas mengedepankan input, melainkan menekankan proses dan mengutamakan output. Kemajuan sekolah ini juga tidak terlepas dari pengelolaan aset baik yang berupa barang sarana prasarana maupun jasa yang berupa SDM. Dalam manajemen aset, di dalamnya melakukan tiga proses yang harus dilaksanakan yaitu perencanaan aset, pengadaan aset dan pemeliharaan aset. Peran penting komite sekolah yang sekaligus Rektor IAINU Kebumen dalam hal perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan aset, menjadi hal sentral karena melalui berbagai pengalaman dan jaringan luasnya. Sehingga melalui peran komite sekolah yang aktif tersebut, mampu meningkatkan aset sekolah melalui pengadaan sarpras. Dengan demikian, melalui manajemen aset yang baik proses pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Abdul Aziz, STAI Nahdlatul Ulama Purworejo

Abdul Aziz, S.Ag., M.Pd. merupakan Dosen Tetap STAI Nahdlatul Ulama Purworejo Jawa Tengah yang memiliki konsentrasi keilmuan Manajemen Pendidikan dan Pemikiran Islam. 

References

Anwar, Moch. Idochi. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan: Teori, Konsep dan Isu (Bandung: Alfabeta, 2004).

Ardiansyah, Gumelar. “Pengertian Manajemen Aset”, https:// guruakuntansi.co.id/ manajemen-aset/diakses 1 Juli 2020.

Ariska, Jery. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Sekolah Menggunakan Tekniklabeling Qr Code (Studi Kasus: MAN 2 Model Pekan Baru, 2016).

Asifudin, Ahmad Janan. Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren, Vol. 1, No. 2, November 2016.

Beni Ahmad Saebani dan Koko Komarudin. Filsafat Manajemen pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2016).

Demetouw, Moses. “Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Optimalisasi Aset Tetap Pemerintah Kabupaten Jayapura”, Vol. 2, No. 2, 2017.

Dhuhani, Elfirdawati Mai. Manajemen Pondok Pesantren; Studi Pengolahan Santri Mualaf di Pondok Pesntren Al Ansor Ambon, Vol. 9, No. 1, 2018.

Dokumen Data SMK Ma’arif 9 Kebumen.

Ekundayo, Haastrup Timilehin. “School Facilities as Correlates of Students’ Achievement in The Affective and Psychomotor Domains of Learning”, dalam JurnalEuropean Scientific Journal, Edisi Maret Vol. 8 No. 6.

Ferdinand Andreas Riovaldo, dkk. Penaksiran Nilai Aset Dan Manajemen Aset Di Sekolah Menengah Kejuruan, vol. 2, No. 3, September 2019.

Firima Zona, dkk. Analisis Sarana Dan Prasarana Sekolah Dasar Berdasarkan Tngkat Akreditasi Di Kota Tarakan, Vol. 5, No. 2, Oktober 2016.

Hasil Observasi pada tanggal 5-9 Agustus 2020.

Irma Yunita dan Joni Devitra. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada SMK Negeri 4 Kota Jambi”, Vol. 2, No. 1, Maret 2017.

Kementerian Pekerjaan Umum. Panduan Dan Petunjuk Praktis Pengelolaan Drainase Perkotaan, (Bandung, 2001).

Mastuhu. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21: The New Mind Set of National Education in the 21 st Century (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003).

Megasari, Rika. “Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi”, Vol. 2, No. 1, Juni 2014.

Muhammad Rizky Pratama dan Bill Pangayow. “Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Optimalisasi Pengelolaan Aset Daerah”, Vol. 11, No. 2, November 2016.

Nurbaiti, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah”, dalam Jurnal Mudir: Manajemen Pendidikan, Vol. 9, No. 4, Juli 2019.

Nurul, Hanifah.” Artikel Manajemen Aset Untuk Mendongkrak Efisiensi Perusahaan”, dari https://lifepal.co.id/media/manajemen-aset/. diakses pada 01 Juli 2020.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 atas perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah.

Sani, Fitra. Perancangan Sisitem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris SMKN 7 Padang, Vol. 2, No. 1, 2014.

Sugiama, Aceng Giima. Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas agar Wisatawan Puas dan Loyal (Bandung: Guardaya Intimarta, 2013).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wawancara dengan Bambang Setiono, S.Sos selaku Waka Sarpras pada 5 Agustus 2020.

Wawancara dengan Kepala Sekolah Bapak Hasim Asngari, M.Pd pada 6 tanggal Agustus 2020.

Published
2021-07-30
How to Cite
Aziz, A. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Aset di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Arfannur, 2(1), 19-34. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.271
Section
Articles