SISTEM AKUNTANSI PENCAIRAN DAN PENYALURAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADADINAS SOSIAL KOTA PADANG 2020

Authors

  • Zulhendra Zulhendra Akademi Akuntansi Indonesia
  • Atika Surya Devi Akademi Akuntansi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jaaip.v1i2.407

Keywords:

Sistem Akuntansi, Pencairan, Penyaluran Dana

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Dinas SosialKota Padang. Dinas Sosial merupakan instansi pemerintahan yang mempunyai tugas membantu Wali Kota dalam melaksanakan urusan pemerintahan dibidang sosial yang menjadi kewenangan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Akuntansi Pencairan dan Penyaluran Dana Program Keluarga Harapan Pada Dinas Sosial Kota Padang. Data yang digunakan merupakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari pengurus Program Keluarga Harapan Dinas Sosial menangani kegiatan penyaluran dan sejarah dari Kantor Dinas Sosial Kota Padang. Sistem Akuntansi Pencairan dan Penyaluran Dana Program Keluarga Harapan Pada Dinas Sosial Kota Padang menggunakan sistem pencairan non tunai, sedangkan penyaluran dana menggunakan bank BNI. Sistem Akuntansi merupakan alat yang digunakan Dinas Sosial yang bertujuan memudahkan dalam pencairan dan penyaluran dana Program Keluarga Harapan. Dalam hasil penelitian ini Dinas Sosial sudah melakukan sistem pencairan dan penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) sudah berjalan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi Berdasarkan Sak Etap Dan Ifrs. Yogyakarta: Andi

Indra Bastian. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar.(Erlangga: Jakarta, 2005)

Marsela Selli.2020. Sistem Akuntansi Pencairan Dan Penyaluran Dana Program Keluarga Harapan.Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Mulyadi, (2016), Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Nurhidayati, Lisa. 2020. Efektivitas Dana Program Keluarga Harapan Dalam Menurunkan Angk Kemiskinan Di Aceh Barat Daya (Studi Pada Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng). Skripsi. Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Uin Ar-Raniry. Banda Aceh.

Rahmawati Fany.2020. Akuntanbilitas Penyaluran Bantuan Sosial Prgram Keluarga Harapan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.

Sri Lestari Rahayu, Bantuan Sosial Di Indonesia (Sekarang Dan Ke Depan). (Bandung: Fokus Media2012), Hlm.129

Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Perwako Padang No 55 tahun 2012 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Sosial Kota Padang.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018

Undan-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang Badan Usaha Milik Negara

Published

2021-10-29

How to Cite

Zulhendra, Z., & Atika Surya Devi. (2021). SISTEM AKUNTANSI PENCAIRAN DAN PENYALURAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADADINAS SOSIAL KOTA PADANG 2020. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 1(2), 92–100. https://doi.org/10.31933/jaaip.v1i2.407