Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru PJOK dalam Menilai Keterampilan Motorik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Retno Mulyaningsih universitas esa unggul

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.110

Keywords:

Kesulitan Guru, Keterampilan Motorik, Covid-19

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang di alami guru PJOK dalam menilai keterampilan motorik siswa pada masa pandemi Covid-19 di tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kelurahan Jurumudi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PJOK. Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam menilai keterampilan motorik guru PJOK mengalami kesulitan di antaranya yaitu tidak semua siswa mempunyai handphone, keterbatasan sinyal dan kuota internet, serta orang tua kesulitan dalam membimbing anak. (2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan tersebut adalah dari sisi guru yang belum menggunakan aplikasi lain selain dari whatsapp grup dan dari sisi siswa adalah siswa masih ada yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone androis, kuota internet (faktor ekonomi), dan orang tua tidak memantau anaknya dalam belajar ataupun mengirimkan tugas. (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang terjadi adalah memberikan toleransi waktu kepada siswa untuk mengumpulkan tugas, guru rutin berkomunikasi kepada orangtua siswa atau wali murid, guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar, dan guru mengajak siswa untuk memodifikasi peralatan olahraga. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut bahwa kesulitan yang dialami guru PJOK dalam menilai keterampilan motorik merupakan kesulitan umum yang dapat dialami oleh guru lainnya tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaldi, A., Zulman, & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3, 2. http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/75/62
Fajar, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Multilateral, 16, 1. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/3664/3333
Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(22), 75. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/8721/4194
Hudah, M., Widiyatmoko, F. A., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid- 19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 3, 2. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/view/2904/1521
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6, 2. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/689/672
Mustafa, P. S., & Sugiharto. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. JURNAL SPORTA SAINTIKA, 5, 2. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/download/133/91/
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3. https://ejournal.upi.edu/index.php/tegar/article/view/030210/pdf
Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran. International Journal Of Community Service Learning, 4, 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/25657

Published

29-11-2021

How to Cite

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru PJOK dalam Menilai Keterampilan Motorik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.110