Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru PJOK dalam Menilai Keterampilan Motorik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang di alami guru PJOK dalam menilai keterampilan motorik siswa pada masa pandemi Covid-19 di tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kelurahan Jurumudi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PJOK. Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam menilai keterampilan motorik guru PJOK mengalami kesulitan di antaranya yaitu tidak semua siswa mempunyai handphone, keterbatasan sinyal dan kuota internet, serta orang tua kesulitan dalam membimbing anak. (2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan tersebut adalah dari sisi guru yang belum menggunakan aplikasi lain selain dari whatsapp grup dan dari sisi siswa adalah siswa masih ada yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone androis, kuota internet (faktor ekonomi), dan orang tua tidak memantau anaknya dalam belajar ataupun mengirimkan tugas. (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang terjadi adalah memberikan toleransi waktu kepada siswa untuk mengumpulkan tugas, guru rutin berkomunikasi kepada orangtua siswa atau wali murid, guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar, dan guru mengajak siswa untuk memodifikasi peralatan olahraga. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut bahwa kesulitan yang dialami guru PJOK dalam menilai keterampilan motorik merupakan kesulitan umum yang dapat dialami oleh guru lainnya tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru PJOK.