PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI DI TK PELANGI GENYEM KABUPATEN JAYAPURA

Sirjon Sirjon, Hana Falentina Yaung

Abstract


The purpose of this study was to improve skills through the use of finger puppets for children aged 5-6 years at Pelangi Genyem Kindergarten, Jayapura Regency. This research is a classroom action research. The research subjects were 15 children, consisting of 6 boys and 9 girls. This research uses the action model of Kemmis and Mc Taggart. The research was carried out as many as 6 actions divided into 2 cycles. The results showed an increase in children's language skills. This can be seen from the initial condition of children's language skills which only reached 48.33%. In the first cycle of action 1 became 53.88%, and increased again in the first cycle of action 2 to 60%, and in the first cycle of action 3 increased to 66.67%. Furthermore, in the first cycle of action 1 it became 71.11%, in the first cycle of action 2 the value increased to 76.11%, and in the second cycle of action 3 increased again to 81.66%. Therefore, the key is that the use of finger puppet media can improve language skills in children aged 5-6 years at Pelangi Genyem Kindergarten, Jayapura Regency.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui penggunaan media boneka jari pada anak usia 5-6 tahun TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura dengan subjek penelitian berjumlah 15 Anak, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian menggunakan model tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak 6 tindakan yang terbagi dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui penggunaan media boneka jari. Hal itu dapat dilihat dari kondisi awal kemampuan berbahasa anak yang hanya mencapai 48,33%. Pada siklus 1 tindakan 1 menjadi 53,88%, dan meningkat lagi pada siklus 1 tindakan 2 menjadi 60%, dan pada siklus 1 tindakan 3 meningkat menjadi 66,67%. Selanjutnya pada siklus 1I tindakan 1 menjadi 71,11 %, Pada siklus 1I tindakan 2 nilai meningkat menjadi 76,11%, dan pada sikus II tindakan 3 meningkat lagi menjadi 81,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura.

Kata Kunci: Anak; Bahasa; Boneka Jari; Media.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n2.22968


Full Text:

PDF

References


Amelia, L., & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di PAUD Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 5(2), 81–102. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V5I2.570

Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.30738/WA.V5I1.8444

Aprillina, N. Z., Ahmad, A., & Rahmi. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TK ABA MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22–33. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15310

Ayuni, G. A. M., Wirya, I. N., & Asril, N. M. (2014). PENERAPAN METODE BCCT BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK SAIWA DHARMA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/PAUD.V2I1.3153

Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TK WARINGIN SARI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/PAUD.V4I3.8896

Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh Media Boneka Jari Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37150/PERSEDA.V3I1.451

Hidayati, D. R., & Affrida, E. N. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA HAND PUPPET. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 37–42. https://doi.org/10.36456/INCREMENTAPEDIA.VOL2.NO01.A2516

Khairunnisa, R., & Oye, S. (2020). Implementasi Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Mengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa SDN 027 Samarinda Ulu. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–143. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1945

Oktiawati, A., Widodo, Y. P., & Istianah, N. (2020). STORYTELLING MEDIA BONEKA JARI KAIN FLANEL MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(2), 9–9. https://doi.org/10.36308/JIK.V11I2.235

Ramadani, R. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 808–816. https://doi.org/10.21831/JPA.V5I2.12378

Sukerti, D. T. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PERCAKAPAN SEDERHANA DENGAN BONEKA JARI DI KELAS I [Universitas Tanjungpura Pontianak]. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Vol. 2, Issue 6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2322

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Triyuwanti, S., & Widha, L. (2018). PENERAPAN BONEKA JARI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI LEARNING QURAN FOR ALL (LQA) SAHABAT-QU YOGYAKARTA. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.15575/alisyraq.v1i2.13

Yosastra, O., Azwandi, Y., & Sopandi, A. A. (2013). EFEKTIFITAS PERMAINAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI ANAK TUNAGRAHITA X. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3), 671–681. https://doi.org/10.24036/JUPE21150.64


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats