PERSEPSI MAHASISWA PGSD TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KONTEKS SEKOLAH INKLUSI

  • Rita Amalia PGSD, FTIK, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU), Jepara-Indonesia
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, sekolah inklusi, mahasiswa PGSD

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang mana memberikan kesempatan yang setara antara anak berkebutuhan khusus dan anak regular untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, yaitu studi kasus mahasiswa PGSD FTIK UNISNU Jepara yang telah menempuh mata kuliah pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket menggunakan google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 15 mahasiswa memiliki respon positif terhadap anak berkebutuhan khusus disekolah inklusi atau 48,4% responden, artinya sebanyak 16 mahasiswa memiliki respon negative terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi atau 51,6%. Hal ini menunjukkan bahwa harus ada peningkatan mengenai persepsi mahasiswa agar ketika nanti mengajar dapat memahami peserta didik baik regular maupun yang berkebutuhan khusus.

References

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: ISBN

Djiwandono & Wuryani, 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Hunter-Johnson, Y., Newton, N. G., & Cambridge-Johnson, J. (2014). What Does Teachers' Perception Have to Do with Inclusive Education: A Bahamian Context. International journal of special education, 29(1), 143-157.

Ilahi, Mohammad T. 2013. PendidikanInklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Isrowiyanti Isrowiyanti. (2013). Mewujudkan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Ramah Difabel. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 34(1), 47–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v34i1.173

Komariyah, Siti Nurul, Bagaskorowati, Riana dan Lianty, Leliana. 2017. Pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif Wilayah Kepulauan Seribu. Jurnal Parameter. 29 (2).

Manar, mayasari. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Jakarta, Jakarta.

Muhibbin, M. A., & Hendriani, W. (2021). Tantangan dan strategi pendidikan inklusi di perguruan tinggi di Indonesia: literature review. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 92-102.

Muspiroh,N., 2016. Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran, Journal of Social Science 28, (2) Retrieved from https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/655

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Sastradiharja, E. J., Farizal, M. S., & Sutarya, M. (2020). Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 101-118.

UU Sisdiknas no 20 th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 32

Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152-161.

Published
2022-03-05
How to Cite
Amalia, R. (2022). PERSEPSI MAHASISWA PGSD TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KONTEKS SEKOLAH INKLUSI. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 26-41. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.311

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.