PERSEPSI MAHASISWA PGSD TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KONTEKS SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang mana memberikan kesempatan yang setara antara anak berkebutuhan khusus dan anak regular untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, yaitu studi kasus mahasiswa PGSD FTIK UNISNU Jepara yang telah menempuh mata kuliah pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket menggunakan google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 15 mahasiswa memiliki respon positif terhadap anak berkebutuhan khusus disekolah inklusi atau 48,4% responden, artinya sebanyak 16 mahasiswa memiliki respon negative terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi atau 51,6%. Hal ini menunjukkan bahwa harus ada peningkatan mengenai persepsi mahasiswa agar ketika nanti mengajar dapat memahami peserta didik baik regular maupun yang berkebutuhan khusus.
References
Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: ISBN
Djiwandono & Wuryani, 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Hunter-Johnson, Y., Newton, N. G., & Cambridge-Johnson, J. (2014). What Does Teachers' Perception Have to Do with Inclusive Education: A Bahamian Context. International journal of special education, 29(1), 143-157.
Ilahi, Mohammad T. 2013. PendidikanInklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Isrowiyanti Isrowiyanti. (2013). Mewujudkan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Ramah Difabel. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 34(1), 47–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v34i1.173
Komariyah, Siti Nurul, Bagaskorowati, Riana dan Lianty, Leliana. 2017. Pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif Wilayah Kepulauan Seribu. Jurnal Parameter. 29 (2).
Manar, mayasari. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Jakarta, Jakarta.
Muhibbin, M. A., & Hendriani, W. (2021). Tantangan dan strategi pendidikan inklusi di perguruan tinggi di Indonesia: literature review. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 92-102.
Muspiroh,N., 2016. Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran, Journal of Social Science 28, (2) Retrieved from https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/655
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.
Sastradiharja, E. J., Farizal, M. S., & Sutarya, M. (2020). Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 101-118.
UU Sisdiknas no 20 th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 32
Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152-161.
Copyright (c) 2022 Rita Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).