PENGARUH PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ERA DIGITAL LEARNING
Abstract
Era digital merupakan era di mana semua aspek dalam kehidupan, termasuk proses pembelajaran lebih banyak memanfaatkan media digital. Era digital tidak dapat dipisahkan dengan kemampuan literasi, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus dimiliki. Untuk mendukung aktifitas literasi digital dari peserta didik, dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif. Kedua hal tersebut merupakan modal dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada era digital learning. Kompetensi pedagogik dapat dipahami sebagai kemampuan guru mengelola pembelajaran. Kompetesi pedagogik juga menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini berjenis kuantitatif, penelitian ini dimaksudkan untuk mencari adakah pengaruh literasi digital guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Nusawungu. Subjek pada penelitian ini ialah guru di SMPN 2 Nusawungu, Cilacap. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian ini yakni pemahaman literasi digital guru, serta pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kompetensi pedagogik guru era digital learning di SMP Negeri 2 Nusawungu. Dari hasil pengujian menunjukkan coefficient hasil regresi X1, X2, terhadap Y yaitu R sebesar 0,765 lebih besar dari 0,05, sehingga terdapat pengaruh pemahaman literasi digital guru, pemanfaatan media pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik guru. Dan pada hasil output model summary nilai R sebesar 0,585, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman literasi digital guru dan pemanfaatan media pembelajaran mampu meningkatkan nilai variabel kompetensi pedagogik guru sebesar 58,5%. Adapun, sisanya 41,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar regresi.
References
Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Finn, E. C. E., & Fairchild, D. R. (2012). Education Reform for the Digital Era. 143.
Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital bagi Pendidik Indonesia dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(2), 108–114. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359
Gilang Maulana jamaludin, Nuruddin Aranir, & syafaatun Nahriyah. (2021). Meningkatkan Literasi Digital Bagi Guru Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Covid 19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 714–718.
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 10(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
Hani’ Atus Suroya. (2021). Pengaruh Literasi Informasi, Literasi Media Dan Literasi Digital Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMAN Se-Kabupaten Blitar [Tesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hidayat, A. (2015). Diseminasi Kesadaran Hukum Guna Penguatan Daya Tangkal Mandiri terhadap Penyalahgunaan Narkoba dan Perilaku Seks Bebas di Kalangan Remaja Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jurnal Abdimas, 19(2).
Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. 2(1), 10.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529
Made Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT Bumi Aksara.
Muhammad Hasan, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwar, Azwar Rahmat, Masdiana, & I Made Indra P. (2021). Media Pembelajaran (1 ed.). Tahta Media Group.
Muslimin, M., & Idul, R. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Digital terhadap Pembentukan Sikap dan Karakter Masyarakat dalam Pembatasan Sosial Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 10(3), 21-36.
Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramahani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif J, & Janner Simarmata. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan kita menulis.
Purbosari, P., & Sutrisno, T. (2021). Studi Korelasi Intensitas Menonton Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Veteran Bangun Nusantara. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 117-128.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Rifai, A. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Guru Smp Yabujah di Masa Pandemi Covid-19. SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 7(2), 58–70. https://doi.org/10.37842/sinau.v7i2.68
Rijal, F., & Idris, T. (2020). Teachers’ Pedagogic Competence in Utilizing Learning Media of Islamic Religious Education at State Junior High Schools in Lhoksuemawe. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 101–116. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1818
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sinta, T. (2021). Economic Education Analysis Journal. 11.
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-195.
Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A.-N., Izzah, N., Mukarromah, S., & Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. 1(2), 7.
Taufiq Nur Azis. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0, 1. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
Copyright (c) 2022 Winda Sulistyarini, Siti Fatonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).