KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 07 PAGAL II / TAYAK KECAMATAN TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Pagal II/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Ajaran 2020 / 2021. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan metode korelasi hubungan kausal. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling. Alat pengumpulan data yaitu angket. Data akan dianalisis dengan uji statistik. Hasil penelitian adalah 1) Gaya belajar skor perolehan 1.518 dengan rata-rata 75,90 kategori baik. 2) Hasil belajar dengan skor nilai tertinggi 84, nilai terendah 48, dan nilai rata-rata mencapai 73,90. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar dengan nilai t (hitung) 2,301 lebih besar dari t (tabel) 2,101. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal II / Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020 / 2021.
References
Adami, Z., Affan, Z. A., dan Hujidin. 2017. “Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 No. 2 Hal 135-140.
Agustina, R. 2017. “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang”. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islami Negeri Raden Fatah.
Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 349-356.
Chania, Y., Haviz, M. dan Sasmita, D. 2016. “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar”. Journal of Sainstek. Volume 8 No. 1 Hal 77-84.
Damayanti, L. (2016). Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.
Deporter, B., dan Hernacki, M. 2007. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
Deporter, B., Reardon, M., dan Nourie, S., S. 2014. Quantum Teaching Memperaktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
Gufron, M, N., dan Risnawita, R. 2012. Gaya Belajar Kajian Teroritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarata: Bumi Aksara.
Kurniati, A., Fransiska, F., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103.
Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 212-221.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sinson, M., & Wedyawati, N. (2017). Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 22-29.
Slameto.2013. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana. Rahadian, M. dan Sudrajat. 2015. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.
Suprijono. A. 2014. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.
Van de Walle, J.A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah: pengembangan pengajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Wedyawati, N., & Makin, T. D. I. R. (2019). Korelasi Tindakan Bullying Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa Tahun pelajaran 2018/2019. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 29-44.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Copyright (c) 2022 Fitriana Cica, Nelly Wedywati, Lusila Parida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).