KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 07 PAGAL II / TAYAK KECAMATAN TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

  • Fitriana Cica Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat-Indonesia
  • Nelly Wedyawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat-Indonesia
  • Lusila Parida Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat-Indonesia
Keywords: Korelasi, Gaya, Hasil, Belajar, SD

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Pagal II/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Ajaran 2020 / 2021. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan metode korelasi hubungan kausal. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling. Alat pengumpulan data yaitu angket. Data akan dianalisis dengan uji statistik.  Hasil penelitian adalah 1) Gaya belajar skor perolehan 1.518 dengan rata-rata 75,90 kategori baik. 2) Hasil belajar dengan skor nilai tertinggi 84, nilai terendah 48, dan nilai rata-rata mencapai 73,90.  3) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar dengan nilai t (hitung) 2,301 lebih besar dari t (tabel)  2,101. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal II / Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020 / 2021.

References

Adami, Z., Affan, Z. A., dan Hujidin. 2017. “Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 No. 2 Hal 135-140.

Agustina, R. 2017. “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang”. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islami Negeri Raden Fatah.

Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 349-356.

Chania, Y., Haviz, M. dan Sasmita, D. 2016. “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar”. Journal of Sainstek. Volume 8 No. 1 Hal 77-84.

Damayanti, L. (2016). Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.

Deporter, B., dan Hernacki, M. 2007. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Deporter, B., Reardon, M., dan Nourie, S., S. 2014. Quantum Teaching Memperaktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Gufron, M, N., dan Risnawita, R. 2012. Gaya Belajar Kajian Teroritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarata: Bumi Aksara.

Kurniati, A., Fransiska, F., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103.

Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 212-221.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sinson, M., & Wedyawati, N. (2017). Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 22-29.

Slameto.2013. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subana. Rahadian, M. dan Sudrajat. 2015. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.

Suprijono. A. 2014. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Van de Walle, J.A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah: pengembangan pengajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Wedyawati, N., & Makin, T. D. I. R. (2019). Korelasi Tindakan Bullying Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa Tahun pelajaran 2018/2019. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 29-44.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).

Published
2022-03-05
How to Cite
Cica, F., Wedywati, N., & Parida, L. (2022). KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 07 PAGAL II / TAYAK KECAMATAN TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 86-95. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.385

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.