PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GALLERY EXHIBITION PROJECT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA TOPIK REPORT TEXT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan pada peserta didik kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bengkayang. Partisipannya adalah peserta didik kelas XI MIPA dan dua orang guru bahasa Inggris dilibatkan dalam kegiatan ini. Kegiatan penelitian ini diselenggarakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dibagi dalam beberapa tahapan yang berupa tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data berasal dari temuan-temuan yang berasal dari aktivitas peserta didik dan diambil pada tiap siklus, sedangkan temuan tentang data hasil belajar diperoleh dari tes tertulis / lisan yang dilaksanakan di akhir siklus. Hasil penelitian menjabarkan bahwa A Gallery Exhibition Project yang terbukti dapat mempengaruhi aktivitas belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam menguasai 4 keterampilan berbahasa yaitu kterampilan berbicara, keterampilan menyimak, ketrampilan membaca dan keterampilan menulis. Sehingga penguasaan keterampilan berbahasa menjadi semakin baik.
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: SK-KD SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Bodrova, Elena & Leong, Deborah. 1996. Tools of The Mind : The Vygotskian Approach to Early Childhood Education. New Jersey : Merill Prentice Hall.
Curtain, H., & Pesola, C. A. B. (1994). Languages and children: Making the match. Foreign language instruction for an early start, grades K-8. Longman, 10 Bank St., White Plains, NY 10606.
Fried-Booth, D. L. (1986). Project Work. Oxford, England: Oxford University Press
Hornby, A.S. (2000). Oxford advanced learner’s dictionary (6th ed). New York: Oxford University Press.
Ghazali, S. (2010). Pembelajaran keterampilan berbahasa dengan pendekatan komunikatif-interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Joyce, B., Weil, M., and Chalhoun E (2009). Models of Teaching (8th edition). Boston: Pearson Education Inc.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kemendikbud (2013). Permendiknas No.54 tahun 2013 tentang SKL: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud (2013). Permendiknas No. 81 A tahun 2013: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud (2014). Permendiknas No. 59 tahun 2014 tentang silabus: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud (2014). Permendiknas No. 66 tahun 2014 Standar Penilaian: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud RI (2014). Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Klein, J. I. (2009). Project-Based Learning: Insoiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning, NYC Departement of Education.
Krashen, Stephen. (1985). The Input Hypothesis. Torrance, CA: Laredo Publishing Company.
Martel, H. A. (2009). Effective Strategies for General and Special Education Teachers. Eastern Michigan University.
McGrath, I. (2002). Materials Evaluation and design fo Language Teaching, Edinburgh University Press.
Oxford, Rebecca (2001). Integrated Skills in the ESL/EFL Classroom. University of Maryland.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), 489-497.
Reid, J. (2002). Writing. In R. Carter, & D. Nunan (Eds.), The Cambridge guide to teaching English to speakers of other languages (4th ed., pp.28-33). Cambridge University Press.
Richey, R. C., Klein, J. D. And Tracey, M. W. (2011). The Instructional Design Based, Taylor and Francis.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.
Stringer. ET, Christensen, Lois M and Baldwin, Sheila C. (2009). Integrating Teaching, Learning, and Action Research, SAGE Publication, Inc.
Tawarik, O. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata Siswa dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ledo Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 52-64.
Towell, R. Hawkins, R. (1994). Approaches to Second Language Acquisition. Multilingual Matter LTD
Wells, M.A.1987. College English. New York: Harcourt: Brace and World, Inc
Copyright (c) 2022 Digna Rita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).