MENGATUR KELAS DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE APLICATION FOR EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS
Abstract
Pada abad ke 21 bermacam-macam teknologi yang inovatif diperkenalkan untuk mengajarkan berbicara bahasa Inggris didalam kelas. Google Apps for Education adalah salah satu aplikasi bagus yang dapat menolong guru dan siswa berkomunikasi didalam kelas. Penelitian ini mencoba memecahkan dua permasalahan dengan fokus pada penelitian ekperimental dengan menjawab dua pertanyaan: (1) Apakah dengan penggunaan Google Apps for Education dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada siswa tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare?, (2) Bagaimana ketertarikan siswa pada tahun kedua SMA Negeri 1 Negeri Parepare menggunakan Google Apps for Education dalam berbicara bahasa Inggris?. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti mengaplikasikan penelitian quasi eksperimental yang didesain dengan menggunakan desain pre - test, post - test control group. Populasi penelitian pada siswa tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare yaitu kelas XI sains 1 dan XI sains 2 .Data dibagi menjadi bagian analisa mean score, dan nilai dari uji t. Berdasarkan hasil analisa data, peneliti menemukan, (1) Kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa pada tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare meningkat signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai uji t lebih kecil dari pada nilai t table, nilai uji t (0.000 lebih kecil dari 0.05) nilai t table. Hal ini berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Itulah perbedaan antara siswa yang belajar berbicara bahasa Inggris menggunakan Google Apps for Education dan siswa yang tidak belajar menggunakan Google Apps for Education. (2) Pengaplikasian Google Apps for Education juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa SMA Negeri 1 Parepare pada tahun kedua dalam belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tingkat minatnya sangat tinggi dan dibuktikan dengan hasilnya 100% untuk kategori yang sangat tertarik.
References
Astawa, I. W. P., Sudiarta, I. G. P., & ... (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Google For Education untuk Pembelajaran Matematika. In Proceeding Senadimas …. lppm.undiksha.ac.id. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/143.pdf
Brown, M. E., & Hocutt, D. L. (2015). Learning to Use , Useful for Learning : A Usability Study of Google Apps for Education Learning to Use , Useful for Learning : A Usability Study of Google Apps for Education. 4(4).
Eliza, N. (2019). Nela Eliza , 2019. 1–10.
Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6, 271. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149
Hastomo, T., Istiara, F., & Nurchurifiani, E. (2021). Google classroom: An online platform for teaching English. In Aksara: Jurnal Bahasa dan …. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Tommy-Hastomo/publication/356369318_Google_classroom_An_online_platform_for_teaching_English/links/61de9fa4034dda1b9eef7fe3/Google-classroom-An-online-platform-for-teaching-English.pdf
Islam, M. S. (2019). Bangladeshi University Students’ Perception about Using Google Classroom for Teaching English. Psycho-Educational Research Reviews , 8(2 SE-Articles), 57–65. https://www.journals.lapub.co.uk/index.php/perr/article/view/1165
Kharisma, M. R. (2021). The Use of Google Classroom Application in Teaching English for 10th Graders at The SMAN 01 Tulungagung. repo.uinsatu.ac.id. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24113
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
Permadi, A. S., & Rahmani, R. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal …. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/suluh/article/view/1314
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Ratnaningsih, P. W. (2019). The use of Google Classroom application for writing and speaking in english education class. Indonesian EFL Journal: Journal of ELT …. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/efi/article/view/3627
Rosita, A. (2020). Students’perceptions Toward The Use of Google Classroom As An Alternative Media For English Learning at MAN 2 Tulungagung. repo.iain-tulungagung.ac.id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/18771/
Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., & ... (2018). Building interactive communication with Google Classroom. In … of Engineering & …. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Choirudin-Choirudin/publication/327363815_Building_Interactive_Communication_with_Google_Classroom/links/5c61dac7a6fdccb608bba212/Building-Interactive-Communication-with-Google-Classroom.pdf
Syakur, A. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education …. http://biarjournal.com/index.php/biolae/article/view/218
Tawarik, O. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata Siswa dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ledo Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 52-64.
Vidhiasi, D. M. (2020). Google Classroom for English Conversation AT Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim. https://openjurnalsystem.amn.ac.id/index.php/saintara/article/view/12
Copyright (c) 2022 Fairus Suryani Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).