MENGATUR KELAS DENGAN MENGGUNAKAN “GOOGLE APLICATION FOR EDUCATION” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Abstract

Pada abad ke 21 bermacam-macam teknologi yang inovatif diperkenalkan untuk mengajarkan berbicara bahasa Inggris didalam kelas.Google Apps for Education adalah salah satu aplikasi bagus yang dapat menolong guru dan siswa berkomunikasi didalam kelas.Penelitian ini mencoba memecahkan dua permasalahan dengan focus pada penelitian ekperimental dengan menjawab dua pertanyaan: (1) Apakah dengan penggunaan Google Apps for Education dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada siswa tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare?, (2) Bagaimana ketertarikan siswa  pada tahun kedua SMA Negeri 1 Negeri Parepare menggunakan  Google Apps for Education dalam berbicara bahasa Inggris?. Untuk mencapai tujuan ini,peneliti mengaplikasikan penelitian quasi eksperimental yang didesain dengan menggunakan desain  pre-test,post-test control group. Populasi penelitian pada siswa tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare yaitu kelas XI sains 1 dan XI sains 2 .Data dibagi menjadi bagian analisa mean score,dan nilai dari uji t. Berdasarkan hasil analisa data,peneliti menemukan, (1) Kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa pada tahun kedua SMA Negeri 1 Parepare meningkat signifikan,hal ini dibuktikan dengan nilai uji t lebih kecil dari pada nilai t table,nilai uji t (0.000<0.05) nilai t table.Hal ini berarti H1 diterima dan Ho ditolak.Itulah perbedaan antara siswa yang belajar berbicara bahasa Inggris menggunakan Google Apps for Education dan siswa yang tidak belajar menggunakan Google Apps for Education. (2) Pengaplikasian Google Apps for Education juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa SMA  Negeri 1 Parepare pada tahun kedua dalam belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tingkat minatnya sangat tinggi dan dibuktikan dengan hasilnya 100% untuk kategori yang sangat tertarik.