PERAN HUBUNGAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI MASA COVID 19

Main Article Content

Artika Ratu
Sutrisno Sutrisno
Christiani Hutabarat

Abstract

Dalam sebuah keluarga terdapat adanya suatu hubungan, setiap keluarga pastinya mengharapkan  hubungan yang positif dalam keluarga mereka terlebih antara anak dan orang tua. Namun pada kenyataanya tidak semua keluarga memiliki memiliki hubungan yang positif didalam keluarga mereka, terdapat beberapa keluarga yang memiliki hubungan negatif dalam keluarga mereka, hubungan yang negatif di dalam keluarga tersebut berdampak pada hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak hubungan yang negatif antara orangtua dengan anak bagi hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk menemukan, mengembangkan dan mengkaji kebenaran. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tinjauan pustaka yang bersumber dari buku-buku dan jurnal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dampak dari hubungan yang negatif antara orangtua dengan anak bagi hasil belajar. Dalam penelitian, ini juga dapat dilihat mengenai fungsi dari keluarga yang sesungguhnya dan faktor-faktor penyebab terjadinya hubungan yang negatif tersebut.


 


In a family there is a relationship, every family certainly expects a positive relationship in their family, especially between children and parents. But in fact not all families have a positive relationship in their family, there are some families who have a negative relationship in their family, a negative relationship in the family has an impact on children's learning outcomes. The purpose of this study was to determine the impact of a negative relationship between parents and children for learning outcomes. The method used is descriptive qualitative method which is intended to find, develop and study the truth. The subjects of this study were parents and children. The technique of collecting data in this study is to use a literature review sourced from books and journals. The results of this study indicate that there is an impact of a negative relationship between parents and children for learning outcomes. In this research, it can also be seen about the real function of the family and the factors that cause the negative relationship.

Article Details

How to Cite
Ratu, A., Sutrisno, S., & Hutabarat, C. (2020). PERAN HUBUNGAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI MASA COVID 19. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 141–154. https://doi.org/10.55076/didache.v1i2.40
Section
Articles

References

Agustin, Reni, and Widayatmoko Widayatmoko. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi Dan Informatika.” Koneksi 3, no. 1 (2019): 163. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6198

Dubey, Divya. “Psychological Impact Of Covid-19.” COVID-19 Pandemic Update 2020. Royal Book Publishing, 2020. https://doi.org/10.26524/royal.37.15

Hantono, Dedi, and Diananta Pramitasari. “Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik.” Nature: National Academic Journal of Architecture 5, no. 2 (2018): 85. https://doi.org/10.24252/nature.v5i2a1.

Hutabarat, Christiani, and Bobby Kurnia Putrawan. "Pengantar Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga Kristen." PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 84-94. https://stapin.ac.id/e-journal/index.php/pneumatikos/article/view/28.

Luxiana, K Yunanda, A A I Agung Rai Sudiatmika, and N. L. Pande Latria Devi Devi. “Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, Dan Guru Terhadap Masalah Belajar Anak Superior” 1, no. April (2018): 1–11. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21911

Marpaung, Junierissa, and Kiki Dian Novitasari. “Studi Deskriptif Dampak Orang Tua Yang Berkonflik Bagi Anak.” Jurnal Bimbingan dan Konseling 3, no. 2 (2017): 44–51. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.869

Rumimpinu, Handry David, Marthin Steven Lumingkewas, and Sutrisno. “The Quality Of The Christian Family According To Colossians 3?: 18-21.” Quaerens 2, no. 2 (2020): 147–164. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i2.29

Solina, Wira, Erlamsyah Erlamsyah, and Syahniar Syahniar. “Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah.” Konselor 2, no. 1 (2013): 289–294. https://doi.org/10.24036/02013211247-0-00

Suhaeni, Hj. Eny. “Fungsi Keluarga, Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Proses Pendidikan (Tinjauan Sosiologis)” Vol 11, no. Vol 11 No 1 (2017): Januari-Juni (2020): 14–31. https://doi.org/10.33592/islamika.v11i1.416

Sutrisno, Dkk. Penerapan Nilai Karakter Bagi Kaum Proletar Usia Remaja di Yayasan Kemah Kasih. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ISSN: 2656-369X (Print), 2684-8570 (Online) Vol.3, No.2, Desember 2021 http://abdi.ppj.unp.ac.id/index.php/abdi. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.123.

Sutrisno, Peni Hestiningrum, Marthin Steven Lumingkewas, dan Bobby Kurnia Putrawan. "Christian Religious Education Toward The Teenagers Character Building." Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat Vol.5, No.2 (2021): 202-212. https:doi.org/10.46445/ejti.v5i2.330.

Hutabarat, Christiani Sutrisno. “Orangtua Dan Teman Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Anak.” Journal of Theology and Christianity Studies 1, Vol.1, No.1 (2019): https://doi.org/10.46362/quaerens.v1i1.15

Hutabarat, Christiani, Mahayoni Mahayoni, Filyensi Misriani Laufra, and Sutrisno Sutrisno. 2021. “The Role of Parents in Building Children’s Character at Home During the Covid-19 Pandemic”. RERUM: Journal of Biblical Practice 1 (1):63-75. https://jurnal.moriah.ac.id/index.php/rerum/article/view/14.

Tanasyah, Y., Iswahyudi, dan Steven Phang. “Membangun Kepemimpinan Kristen Entrepreneurial Sebagai Landasan Keberhasilan Upaya Memimpin (Building Entrepreneurial Christian Leadership As A Fundamental Of Successful Leading Efforts)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no.2 (2020): 127-46. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i2.19.

Trisnawati, Wahyu, and Sugito Sugito. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710.

Wahyuni, Sri dan Yan Kristianus Kadang. “Mendidik Anak (Educating Children)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 1, no. 2 (December 2, 2019): 122-143. Accessed December 13, 2021. https://doi.org/10.46362/quaerens.v1i2.6.

Wulandari, Wia. “Hubungan Keharmonisan Keluarga Terhadap Perilaku Negatif Murid Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelangi Kristus Surabaya.” Aletheia Christian Educators Journal 2, no. 2 (2021): 164–170. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.164-170.

Yulismi, Muftiah. “Konseling Keluarga Pada Keluarga Dengan Anak Berkebutuhan Khusus.” Salemba Medika 514, no. 1 (2011): 110–125. https://doi.org/10.17509/e.v1i1.12368.