Meningkatkan Komitmen Guru melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Dian Kahuripan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SLB Dian Kahuripan Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur yang dilakukan secara langsung dan melalui media komunikasi WhatsApp. Pengukuran kepemimpinan kepala sekolah dilakukan melalui analisis peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator (EMASLIM). Sedangkan komitmen guru diukur melalui dimensi komitmen afektif, komitmen kontinu, dan komitmen normative. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kepala sekolah sudah menjalankan perannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator (EMASLIM); Guru sudah menunjukkan komitmen afektif, komitmen kontinu, dan komitmen normative; dan Peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, supervisor dan leader terbukti lebih dominan dalam meningkatkan komitmen guru.